Breaking News:

Info Abdya

Bupati Abdya Pastikan Talud Jembatan Lhok Pawoh Dibangun Tahun Ini

Setelah talud itu tertangani dalam tahun ini, juga akan diupayakan pengaspalan untuk tanjakan jembatan rangka baja tersebut.

Foto kiriman warga
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim meninjau Talud abutment jembatan Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng Kabupaten Abdya yang rusak menimpa rumah warga, Minggu (6/6/2021) kemarin. 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim didampingi Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, Minggu (6/6/2021) pagi meninjau langsung kerusakan talud abutment Jembatan Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng yang roboh beberapa waktu lalu.

Kedatangan orang nomor satu Abdya itu, untuk memastikan kondisi kerusakan talut yang menyebabkan dua unit rumah warga tertimpa reruntuhan material talut serta oprit pada abudmen jembatan rangka baja tersebut.

Didampingi juga unsur Muspika setempat, Bupati Akmal memastikan talut tersebut akan segera ditangani pada 2021 melalui APBK Perubahan dengan menghabiskan anggaran lebih kurang Rp 200 juta.

"Saat mengunjungi lokasi talud, pak Bupati meminta kepada kami menghitung biaya yang dihabiskan untuk membangun kembali telut tersebut. Insya Allah dalam tahun ini segera di bangun permanen," ujar Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Muhibuddin ST kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

Muhib menjelaskan, teknis pembangunan talut abudmen jembatan itu nanti dengan bentuk benton tulang disertai tiang dan selop. 

"Kita sudah koordinasi dengan pihak desa setempat agar bangunan itu dibangun dalam bentuk miring supaya lebih tahan. Kalau berbentuk tegak lurus, pasti tidak akan tahan lama," tuturnya.

Baca juga: Kasus Dugaan Korupsi Jembatan Pangwa Pidie Jaya Segera Disidangkan

Baca juga: Pengakuan Mengejutkan Eks PPK Kemensos, Juliari Batubara Potong Fee Bansos Rp 11 Ribu untuk Sewa Jet

Baca juga: Pencarian Eva Pendaki Gunung yang Hilang Melibatkan Dukun, Rekan Korban Sempat Kesurupan 

Baca juga: Keluarga Santri yang Meninggal Menduga Pihak Yayasan Coba Sembunyikan Kematian FWA

Setelah talut itu tertangani dalam tahun ini, sebutnya, pihaknya juga akan mengupayakan pengaspalan untuk tanjakan jembatan rangka baja tersebut. Kebetulan pada tahun 2022 mendatang, akan dilakukan pengaspalan jalan di Kecamatan Lembah Sabil tak jauh dari lokasi jembatan.

"Nanti, proyek aspal itu kita minta sekitar 29 meter ke tanjakan jembatan Lhok Pawoh itu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, talut abudmen jembatan Lhok Pawoh, Manggeng amblas pada Sabtu (29/5/2021) dini hari sekira pukul 02.00 WIB hingga menimpa dua unit rumah warga yang tidak jauh dari lokasi jembatan.

Rumah yang ditempati Hardi Yuzar (40) beserta istri dan anaknya yang berusia empat tahun rusak berat hingga membuat perabotan rumah berserakan bahkan dinding bangunan juga hancur termasuk atap rumah.

Sementara itu, rumah milik Cut Maroke (65) seorang janda yang tinggal bersama anaknya juga rusak tertimpa pohon pinang yang terseret oleh material oprit tanjakan jembatan.(*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved