Breaking News:

Berita Bireuen

Lahan Terbakar di Peusangan, Petugas Damkar dan Warga Berjibaku Padamkan Api

Upaya pemadaman sulit dilakukan karena titik api berada pada sisi bukit terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan tingginya mencapai 50 meter.

Dok Polsek Peusangan
Lahan kosong di perbukitan Desa Paya Cut, Peusangan, Bireuen terbakar sekitar pukul 21.30 WIB, Rabu (09/06/2021). 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Sekitar satu hektar lahan kosong di kawasan perbuktitan Desa Paya Cut Peusangan Bireuen terbakar sekitar pukul 21.50 WIB, Rabu (09/06/2021), terbakar lahan tersebut untuk kesekian kalinya mengharuskan tim Damkar Bireuen maupun warga serta jajaran Polsek Peusangan berjibaku memadamkan api.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi melalui Kapolsek Peusangan, Ipda Nasruddin S Sos kepada Serambinews.com, Kamis (10/06/2021) mengatakan, lahan yang terbakar adalah milik Ramlan (50) warga Desa Pulo U, Jangka.

Lahan seluas 1 hektar lebih di perbukitan Desa Paya Cut terlihat oleh warga sedang terbakar juga terlihat oleh anggota patroli Sat Sabhara Polres Bireuen yang sedang melaksanakan Patroli di wilayah Peusangan.

Mereka  melihat kobaran api di kawasan kebun kemudian diketahui milik Ramlan, melihat kejadian tersebut anggota Patroli menyampaikan ke Polsek Peusangan tentang sedang terbakarnya lahan tersebut.

Selanjutnya, menghubungi Damkar Bireuen dan Damkar Pos Kutablang dan juga menurunkan sejumlah anggota Polsek untuk berjibaku naik ke perbukitan membantu memadamkan api.

Upaya Damkar memadamkan api terkendala dan sulit dilakukan karena titik api berada pada sisi bukit terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan tingginya mencapai 50 meter.

Baca juga: Ingin Miliki Keahlian dan Keterampilan, BLK Bireuen Bersedia Melatih, Begini Caranya

Baca juga: Nenek 71 Tahun Dirudapaksa Seorang Pria, Korban Tak Mampu Melawan saat Ditindih, Pelaku Ditangkap

Baca juga: Buron Setahun, Seorang Mantan Keuchik di Simeulue Akhirnya Menyerahkan Diri

Baca juga: Utang Garuda Indonesia Tembus Rp70 Triliun, Terkuak Inilah Biang Keroknya

Melihat kondisi demikian, sejumlah anggota Polsek bersama warga terpaksa naik ke perbukitan memadamkan dengan  kayu dengan memukul titik api agar api tidak meluas.

“Pada bagian bawah perbukitan tersebut terdapat  rumah warga, bila tidak segera dipadamkan khawatir api akan meluas dan rumah warga akan terbakar,” ujar Kapolsek.

Upaya memadamkan dengan damkar dan dibantu warga serta anggota Polsek Peusangan, anggota Babinsa Koramil 06/Peusangan berhasil dilakukan sekitar pukul 22.30 WIB.

Sumber api yang menyebabkan lahan kosong berupa ilalang dan semak belukar terbakar belum diketahui, luas lahan terbakar sekitar 1 hektar lebih.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved