Breaking News:

Berita Aceh Besar

Mantap! Guru Madrasah di Aceh Besar Launching Buku Pembelajaran PAI, Ini Sejarah Pertama di Aceh

Peluncuran buku Pendidikan Agama Islam oleh guru madrasah tersebut merupakan yang pertama di Aceh.

Dok Kankemenag Aceh Besar
Kakanwil Kemenag Aceh diwakili Kabid Pendidikan Madrasah, H Mukhlis dan Kakankemenag Aceh Besar, H Abrar Zym menghadiri acara launching buku perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam hasil karya guru MI di Aceh Besar di Aula SMK Mubarkeya, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (10/6/2021). 

Laporan Saifullah | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Aceh Besar melaunching atau meluncurkan buku perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam atau PAI yang dipusatkan di Aula SMK Mubarkeya, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (10/6/2021).

Peluncuran buku Pendidikan Agama Islam oleh guru madrasah tersebut merupakan yang pertama di Aceh.

Berdasarkan informasi dari Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Aceh Besar, H. Khalid Wardana SAg, MSi, launching dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal, SAg, Mag, diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad), Drs H Mukhlis, MPd.

Menurut Kakanwil Kemenag Aceh yang disampaikan Drs H Mukhlis, itu merupakan prestasi besar yang ditorehkan Guru PAI Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan yang perdana di Aceh.

Menurutnya, selama ini penulisan buku dan karya tulis didominasi oleh para penulis dan guru dari luar Aceh.

Baca juga: Setelah Rizki DA Talak Cerai Nadya Mustika, Kakak Ipar Angkat Bicara, Singgung Taaruf

Baca juga: Istri Menghilang Secara Misterius Saat Suami Tertidur, Terkuak Setelah 37 Tahun di Lahan Peternakan

Baca juga: Pemko Lhokseumawe Gelar Seleksi Lomba Baca Kitab Kuning, Ini Jadwal dan Tempatnya

“Sedangkan kita hanya menjadi pembaca yang budiman. Akan tetapi dengan berbagai langkah inovatif dan kreativitas, guru PAI di Aceh Besar telah melahirkan karya nyata dan menjadi  sejarah bagi dunia pendidikan di Aceh,” ujar Kakanwil Kemenag Aceh.

“Langkah yang dilakukan guru madrasah di Aceh Besar perlu ditiru dan diikuti oleh guru madrasah lainnya di Aceh sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan,” lanjut Dr Iqbal.

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Besar, H Abrar Zym, SAg, MH menyambut antusias atas lahirnya karya besar dari guru PAI MI.

Abrar Zym menegaskan, kreativitas guru itu harus didukung sepenuhnya sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam melahirkan berbagai karya yang inovatif.

Di sisi lain, Ketua KKG PAI MI Aceh Besar, Rifki, SAg didampingi Sekretaris M Khanif Asmara, SHI, melaporkan, buku perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diluncurkan itu mencakup mata pelajaran Alquran Hadis, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam untuk kelas I-VI MI berdasarkan KMA 183 dan 184 Tahun 2019.

Baca juga: Hubungan Sedarah Kakak Adik Terungkap, Buang Bayi yang Baru Dilahirkan

Baca juga: Gokil! Gara-gara Kalung Emas 50 Gram Hilang Saat Mandi di Kanal, Warga Nekat Tutup Bendungan

Baca juga: Garuda Tunggak Gaji Karyawan Rp 328 Miliar, Pesawat yang Dioperasikan Tinggal 53 Unit

Menurut Rifki, buku tersebut merupakan karya 45 guru PAI MI di Aceh Besar.

“Mereka telah mencurahkan pemikiran dan pengalamannya sehingga dapat terwujud sejumlah buku yang diharapkan menjadi rujukan untuk proses pembelajaran di madrasah,” terang dia.

Acara launching itu turut dihadiri Kasi Pendidikan Madrasah Suryadi SAg, anggota DPRK Aceh Besar Rahmat Aulia SPdi, pejabat mewakili Disdikbud Aceh Besar, Kepala MI/MTs/MA, dewan guru, dan undangan lainnya.(*)

Penulis: Saifullah
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved