Breaking News:

Internasional

Joe Biden Kembali Perkuat Hubungan dengan NATO, Balikkan Kebijakan Donald Trump

Presiden AS Joe Biden, Senin (14/6/2021) kembali memulihkan ikatan kepercayaan dengan NATO, untuk membalikkan kebijakan Donald Trump

Editor: M Nur Pakar
AFP
Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo (kiri) menyambut Presiden AS Joe Biden di Brussels menjelang KTT NATO dan KTT Uni Eropa-AS pada pada 13 Juni 2021. 

SERAMBINEWS.COM, BRUSSELS - Presiden AS Joe Biden, Senin (14/6/2021) kembali memulihkan ikatan kepercayaan dengan NATO, untuk membalikkan kebijakan Donald Trump

Itu menjadi pertemuan puncak pertama NATO pasca-Trump, ketika para pemimpin mendorong untuk merevitalisasi aliansi meskipun ada perbedaan mengenai bahaya di depan.

Dilansir AFP, sekutu akan menyetujui sebuah pernyataan yang menekankan kesamaan dalam mengamankan penarikan mereka dari Afghanistan.

Kemudian tanggapan bersama terhadap serangan siber dan hubungan dengan China yang sedang bangkit.

Pendahulu Biden, Donald Trump, merusak kepercayaan pada arsitektur keamanan Barat dengan mempertanyakan komitmen Washington untuk membela mitra Eropa.

Baca juga: Jill Biden Bawa Pesan Cinta Amerika ke Uni Eropa, Kenakan Jaket Bertuliskan Love

Dia berselisih secara terbuka dengan rekan-rekannya terakhir kali para pemimpin bertemu pada 2019, sebelum tiba-tiba pulang lebih awal.

Sebaliknya, Biden dengan tegas menegaskan kembali dukungan Amerika untuk aliansi militer berusia 72 tahun itu—dan pemerintahannya telah menunjukkan lebih banyak konsultasi dengan mitra.

Tetapi tetap ada perpecahan di antara sekutu pada beberapa masalah utama.

Termasuk bagaimana menghadapi kebangkitan China dan meningkatkan pendanaan bersama.

Mitra khawatir tentang terburu-buru untuk meninggalkan Afghanistan dan beberapa mempertanyakan strategi aliansi yang Presiden Prancis Emmanuel Macron peringatkan sedang mengalami "kematian otak."

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved