Breaking News:

Human Interest Story

Kisah Inspiratif Tgk Ridwan di Tamiang, Tiap Hari Keliling Kampung Kutip Tabungan Warga untuk Kurban

Tiap hari, ia menyambangi 40 tempat di kampung, jika dihitung setiap hari ia menempuh perjalanan dua kilometer untuk mengumpulkan tabungan kurban

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Safriadi Syahbuddin
SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Tgk Ridwan, pengumpul tabungan kurban dari Aceh Tamiang 

SERAMBINEWS.COM, KUALA SIMPANG - Tgk Ridwan (57) berasal dari Ie Bintah, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang.

Ia merupakan sosok inspiratif karena setiap hari berkeliling kampung untuk melakukan pekerjaan mulia, mengumpulkan uang Rp 10 ribu untuk tabungan kurban warga.

Tiap hari, ia menyambangi 40 rumah kampungnya.

Jika dihitung setiap hari ia menempuh perjalanan dua kilometer untuk mengumpulkan tabungan warga untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha.

Pada Serambinews.com, Rabu (30/6/2021) saat bertemu di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Tengku Imum (Imam Masjid Desa) mengatakan pekerjaan demikian sudah ia geluti sejak enam tahun terakhir.

Tepatnya berawal dari tahun 2014, hasil dari usahanya tersebut berhasil mengumpulkan 10 hewan kurban tiap tahun.

Baca juga: Kisah Pilu Bocah 3 Tahun Tewas Disiksa Ibu Kandung dan Pacarnya, Alami Luka Parah di Dada dan Kepala

Mulai Tahun 2014

Mulai dari tahun 2014, tiap hari mendatangi rumah ke rumah untuk mengutip uang tabungan kurban, sehingga pada Hari Raya Idul Adha, desa ini berhasil mengumpulkan delapan hewan kurban.

Tahun selanjutnya mengalami peningkatan, yakni menjadi 10 hewan kurban, sehingga tiap tahunnya tercatat desa tersebut memiliki 10 hewan kurban lembu/ sapi setiap tahunnya.

"Sehari saya mengutip tabungan warga, ada yang menabung sehari Rp 10 ribu ada yang Rp 20 ribu, tergantung dari kesanggupan diri masing-masing" ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved