Breaking News:

Jurnalisme Warga

Pesona Pantai Seurudong, Amazonnya  Aceh Selatan

Aceh Selatan memiliki berjuta pesona alam yang menyejukkan. Salah satunya adalah Pulau Seurudong yang menjadi destinasi para wisatawan

Editor: bakri
Pesona Pantai Seurudong, Amazonnya  Aceh Selatan
FOR SERAMBINEWS.COM
DIKA KHARISMA, Mahasiswi Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Aceh Selatan

OLEH DIKA KHARISMA, Mahasiswi Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Aceh Selatan

Aceh Selatan memiliki berjuta pesona alam yang menyejukkan.  Salah satunya adalah Pulau Seurudong yang menjadi destinasi para wisatawan, letaknya  berada di kecamatan Sawang Desa Sawang Ba’u. Pantai ini identik dengan hamparan pasir putih, kerang putih, batu putih, laut biru, dan pepohonan hijau yang dapat membuat decak kagum para pengunjungnya serta deburan ombak kecil, angin sepoi-sepoi pun siap memanjakan setiap pengunjung yang datang ke pulau ini.

 Banyak orang yang belum tahu dengan pantai ini, dikarenakan letaknya di ujung dan tersembunyi, maka tak heran jika pulau ini dikatakan sebagai surga yang tersembunyi. Meski namanya belum begitu populer namun pantai Seurudong bisa jadi alternatif liburan sekaligus untuk bersantai dan memanjakan diri.

Pantai ini sempat menjadi zona merah atau zona yang dilarang untuk dikunjungi sebab konflik yang pernah terjadi di Aceh. Salah satu bukti pantai Seurudong terkena gencatan senjata dapat dilihat di area sekitarnya. Namun, seiring berjalannya waktu setelah perdamaian disepakati mulai banyak lagi masyarakat yang menyambangi pantai Seurudong dan untungnya pantai ini masih bisa dilestarikan dan bertahan sampai sekarang dengan keindahannya tanpa merusak pemandangan.

 Jika pengunjung ingin menelusurinya, untuk menuju ke lokasi ini dari Tapaktuan hanya membutuhkan waktu selama 40 menit, pengunjung sudah tiba di desa Sawang Ba’u dengan jarak 26 kilometer dari Tapaktuan, Aceh Selatan.

Untuk menuju ke pantai ini jalannya disertai dengan tanjakan batu-batu kecil, ini menambah keseruan pengunjung dan rasa lelah akan terbayar dengan pemandangannya yang begitu menakjubkan. Bagi penikmat wisata air, pulau ini tepat sekali untuk dikunjungi selain dengan tidak memungut biaya alias gratis, pulau ini juga menyediakan keindahan yang menyejukkan hati.

Sayangnya, di pantai ini belum ada fasilitas yang menyediakan makan dan minum.  Untuk itu jika pengunjung mau berwisata di pantai ini, pengunjung bisa membawa bekal dari rumah lalu menyantapnya atau pengunjung bisa mampir dulu ke toko sebelum ke pantai ini untuk membeli bekal yang akan pengunjung bawa untuk berwisata.

Pantai Seurudong terbilang eksotis dengan sebuah pulau kecil terpisah bernama “pulau kloe” dalam bahasa Aceh diartikan dengan “pulau tuli” yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Pulau kloe merupakan sebuah pulau kecil yang asing di bagian utara, dengan adanya pulau kloe ini menambahkan keindahan dan kesan unik pantai Seurudong. Banyak pengunjung yang datang untuk berswafoto, bagi yang memiliki hobi foto landscape alam mengunjungi pantai ini sangatlah tepat untuk menambah koleksi foto.  Banyak sekali pemandangan yang bisa pengunjung potret, di pantai ini juga terdapat sunset yang sangat cantik sehingga begitu mengagumkan ketika tertangkap kamera.

Tidak hanya itu, pemancing dapat menyalurkan hobinya di pulau ini, banyak ikan warna- warni yang terlihat di pinggiran pantai dan menarik untuk dipancing, pengunjung juga bias mandi air laut sehingga apabila pengunjung lapar setelah berenang pengunjung bias membakar dan memakannya. Pantai Seurudong ini menjadi begitu khas dengan pesona hutannya yang hijau, bahkan nampak ditumbuhi beberapa pohon yang alami dan rumput- rumput liar. Jika pengunjung ingin melihat keindahannya dari atas hutan, maka akan nampak semua keindahannya.

Panorama yang ditampilkan dengan sangat memukau, nampak pula di atas hutan segerombolan burung-burung yang berkicau dan beterbangan diatas awan sehingga menambahkan keindahan di pantai ini. Tidak hanya itu, di hutan ini banyak dijumpai para petani yang mempunyai lahan dan mereka memilih untuk bercocok tanam tanpa merusak lahan dan tidak mengeksploitasinya secara berlebihan, namun tetap menjaga kelestarian alam, para petani disini banyak menanami pohon pala.

Pohon pala merupakan sejenis tanaman yang beraroma khas dan menjadi salah satu bahan olahan kue khas Aceh Selatan. Masyarakat di sini yang memiliki pohon pala memetiknya jika sudah berwarna merah dan akan dijual kepada agen-agen yang ada di kampung. Salah satu olahan yang dibuat dari kulit pala diolah menjadi kue pala yang didominasi dengan gula pasir dan dibentuk seperti bunga dengan berbagai macam varian warna mulai dari kuning, hijau, dan merah.

Kue pala memiliki rasa yang asam dikarenakan dari kulit palanya dan manis dari gula pasir sehingga memadukan rasa yang unik. Kue pala merupakan kue khas Aceh Selatan yang banyak disukai dan dipilih sebagai oleh-oleh masyarakat luar yang datang untuk berwisata. Selain diolah menjadi kue pala juga diolah menjadi minyak pala, kulit pala yang sudah dibersihkan dan dijemur beberapa hari sampai benar-benar kering, lalu langkah selanjutnya dilakukan dengan proses pembuatan minyak pala dengan cara penyulingan.  Tidak hanya itu, para petani juga menanami pohon cengkeh tetapi hanya minoritas saja tidak sebanyak dengan tanaman pala.

Bagi pencinta alam, berwisata di pantai ini sangatlah tepat, di area pantai Seurudong ini banyak dilengkapi dengan pepohonan hijau yang membuat tempat ini menjadi sejuk dan alami, salah satunya dengan adanya pohon kelapa, maka tak heran banyak orang yang dating untuk menikmatinya. Jika pengunjung datang kesini dan haus, minum-minuman air kelapa merupakan pilihan yang tepat, terlebih dengan suasana matahari yang cerah dan dengan menikmati pemandangan air laut yang indah dan menakjubkan ditambah dengan air lautnya yang masih alami sangat cocok untuk para wisatawan yang memiliki hobi berenang.  Selain itu, juga bebas sampah sehingga merupakan suatu spot yang harus dikunjungi oleh semua orang pencinta alam.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved