Breaking News:

Kesehatan

Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Pandemi, Ini 10 Manfaat Minum Jus Tomat untuk Kesehatan

Guna menjaga sistem imunitas tetap berjalan, penting untuk memberi tubuh nutrisi dan vitamin esensial secara teratur melalui jus tomat.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
Pixabay.com
Ilustrasi jus tomat 

SERAMBINEWS.COM - Manfaat minum jus tomat untuk kesehatan ternyata banyak sekali, satu di antaranya dapat meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi. 

Imunitas adalah kemampuan organisme untuk melawan segala bentuk infeksi dengan membentuk antibodi dan sel darah putih.

Guna menjaga sistem ini tetap berjalan, penting untuk memberi tubuh nutrisi dan vitamin esensial secara teratur melalui jus tomat.

Apa saja kandungan vitamin dalam tomat?

tomat
tomat ()

Tomat merupakan salah satu bahan pokok yang terdapat di dapur dan juga merupakan salah satu sayuran yang mudah ditanam di kebun.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumsi tomat meningkat karena produk olahannya, terutama jus tomat yang mudah dibuat, mudah didapat di pasaran dan memiliki efek meningkatkan kesehatan bagi tubuh, terutama meningkatkan sistem imunitas tubuh selama pandemi.

Tak hanya itu, jus tomat juga dianggap sebagai salah satu minuman terbaik untuk para pelaku diet, karena jus tomat bergizi dan sifatnya mengenyangkan.

Baca juga: Yuk, Simak Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru, Ada Tomat hingga Bit, Begini Mengolahnya

Jus tomat mengandung banyak senyawa bioaktif seperti GABA (asam amino alami yang bekerja sebagai neurotransmiter otak), likopen (pigmen alami yang memberi warna merah pada tomat).

Mengandung esculeoside A (glikosida steroid spirosolane dengan banyak manfaat), dan 13-oxo-9,11-octadecadienoic acid atau 13-oxo-ODA yang berperan sebagai metabolit.

Sebuah studi menyebutkan bahwa dibandingkan dengan tomat segar, jus tomat memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak karena proses pengalengan meningkatkan kadar likopen, dan 13-oxo-ODA hanya ditemukan pada jus tomat segar, bukan pada buah tomat segar.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved