Breaking News:

Perusahaan Google

Google Dapat Banyak Gugatan di Amerika Serikat, Raksasa Mesin Pencari Ini Dituduh Lakukan Monopoli

Google dituduh membeli kompetitor dan menggunakan kontrak terbatas untuk mempertahankan monopoli secara tidak sah atas toko aplikasinya di ponsel...

Editor: Eddy Fitriadi
Google Doodle
Tampilan Google edisi malam tahun baru 2021 

SERAMBINEWS.COM - Perusahaan raksasa Google Alphabet Inc mendapat gugatan dari 37 jaksa agung negara bagian dan distrik Amerika Serikat (AS) pada Rabu (8/7/2021).

Google dituduh membeli kompetitor dan menggunakan kontrak terbatas untuk mempertahankan monopoli secara tidak sah atas toko aplikasinya di ponsel berbasis Android.

Tuduhan tentang Google Play Store berasal dari penyelidikan yang dimulai pada September 2019 lalu.

Terdapat tiga tuntutan hukum lainnya terhadap perusahaan itu, sebagaimana diberitakan Reuters, Kamis (8/7/2021).

Kasus ini akan memaksa perubahan besar bagi Google dalam menghasilkan miliaran dolar pendapatan di seluruh bisnisnya. Termasuk periklanan, pembelian dalam aplikasi, dan gadget rumah pintar.

Google mengatakan litigasi itu tentang mendorong segelintir pengembang aplikasi besar yang menginginkan perlakuan istimewa daripada tentang membantu usaha kecil atau konsumen.

Ia menyatakan bahwa tidak seperti Apple dengan App Store di iPhone, Android mendukung pesaing ke Play Store. "Android dan Google Play memberikan keterbukaan dan pilihan yang tidak dimiliki platform lain," kata perusahaan itu.

Negara bagian, yang dipimpin oleh Utah, New York, North Carolina, dan Tennessee, berpendapat bahwa Google telah menghasilkan margin keuntungan yang sangat besar dari Play Store.

Namun dengan taktik ilegal untuk mempertahankan monopoli dalam menjual aplikasi Android dan barang dalam aplikasi.

“Di Amerika Serikat, Google Play menyumbang 90% dari aplikasi Android yang diunduh. Google memanfaatkan kekuatan monopolinya dengan Android untuk secara tidak sah mempertahankan monopolinya di pasar distribusi aplikasi Android," kata gugatan itu.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved