Breaking News:

Muhyiddin Yassin

Meski UMNO Memintanya Mundur, PM Muhyiddin Yassin Tetap Berkuasa Berkat Dukungan Kabinet Malaysia

Sekadar diketahui, UMNO menarik dukungan untuk Muhyiddin pekan lalu dan memintanya untuk mengundurkan diri karena....

Editor: Eddy Fitriadi
Bernama
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. 

SERAMBINEWS.COM - Muhyiddin Yassin berhasil mendapat dukungan untuk melanjutkan kekuasaannya sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia.

Para menteri kabinet Malaysia menyatakan dukungan mereka kepada kepemimpinan Muhyiddin sebagai perdana menteri, Rabu (14/7/2021).

Dukungan itu disampaikan di tengah babak baru ketidakpastian politik Malaysia, setelah Muhyiddin kehilangan dukungan dari UMNO yang menyokong kekuasaannya, kata Reuters.

Sekadar diketahui, UMNO menarik dukungan untuk Muhyiddin pekan lalu dan memintanya untuk mengundurkan diri karena gagal mengelola krisis Covid-19. 

Keputusan itu muncul beberapa jam setelah Muhyiddin menunjuk seorang anggota senior UMNO sebagai wakilnya, dalam sebuah langkah yang dipandang sebagai upaya untuk meredakan pertikaian selama berbulan-bulan. Beberapa anggota parlemen UMNO tidak senang bermain-main dengan partai perdana menteri itu sendiri.

Namun para menteri UMNO di pemerintahan, yang memegang portofolio kunci seperti kesehatan, pertahanan dan luar negeri, tidak mengatakan bahwa mereka akan mundur setelah mundurnya partai tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, para menteri kabinet, termasuk dari UMNO, mengatakan mereka telah membuat keputusan bulat untuk terus memberikan dukungan penuh mereka kepada kepemimpinan Muhyiddin sebagai perdana menteri.

Prioritas pemerintah saat ini adalah memastikan keberhasilan rencana pemulihan nasional pascapandemi, kata para menteri.

"Para menteri kabinet juga ingin menginformasikan bahwa setiap keputusan pemerintah dibuat secara kolektif oleh kabinet setelah mempertimbangkan pendapat semua kalangan," kata mereka.

Jaksa Agung Malaysia mengatakan penarikan UMNO tidak akan mempengaruhi posisi Muhyiddin atau kabinetnya, karena masalah mayoritas rumahnya hanya dapat ditentukan oleh parlemen.

Parlemen dijadwalkan mengadakan pertemuan khusus lima hari mulai 26 Juli, pertemuan pertama setelah ditangguhkan pada Januari ketika darurat nasional dinyatakan untuk menangani virus corona.

Muhyiddin memiliki mayoritas parlemen dua kursi yang tipis, dengan UMNO terdiri dari 37 dari 113 anggota parlemennya. Partai perdana menteri, Bersatu, memegang 31 kursi.(*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Dapat dukungan dari Kabinet Malaysia, Muhyiddin Yassin pertahankan kekuasaannya"

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved