Breaking News:

Waduh, Kasus Covid-19 di Sumut Malah Tembus Rekor Saat PPKM, Sehari Bertambah 811 Orang Positif

Kota Medan menyumbang nyaris separuh dari penambahan kasus baru di Sumut pada Selasa. Angka ini merupakan yang terbanyak dibanding daerah lain.

Editor: Said Kamaruzzaman
Foto kiriman warga
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat itu menegaskan bahwa pelaku perjalanan dalam negeri yang akan ke Sumut diwajibkan memiliki surat PCR. 

SERAMBINEWS.COM, MEDAN - Angka kasus Covid-19 di Sumatera Utara justru meningkat di tengah pemberlakuan PPKM Mikro di sejumlah daerah di Sumut ditambah PPKM Darurat di Kota Medan.

Catatan Satgas Penanganan Covid-19, pada Selasa (13/7/2021) terjadi penambahan 811 kasus baru di Sumut. Angka tersebut merupakan penambahan harian tertinggi selama pandemi merebak sejak Maret tahun lalu.

Adapun Kota Medan menyumbang tambahan 404 kasus baru.

Menanggapi kondisi itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, penambahan jumlah kasus yang signifikan itu sejalan dengan meningkatnya jumlah tes swab yang dilakukan di Sumut.

"Ini karena kita sedang banyak tes swab untuk tracing," kata Edy usai meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk siswa SMP dan SMA di SMP Negeri 11 Medan, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: Rusia Selesai Uji Sistem Pertahanan Udara S-500 Prometheus, Siap Bunuh’ Pesawat Siluman F-35 AS

Baca juga: Sekdakab Aceh Besar Buka Seleksi Calon Pimpinan Tinggi Pratama

Baca juga: Pendaftar CPNS di Pidie Capai 1.383 Orang, Tenaga Guru Mulai Mendaftar

Dia mengatakan, pada saat ini, semakin banyak tes yang dilakukan di masyarakat, maka semakin besar lonjakan kasus positif yang ditemukan.

"Kalau kita lakukan swab secara maksimal, tracing seperti ini, inilah yang menyebabkan penambahan itu," ungkap Edy.

"Tidak apa-apa begitu besar, karena itu kita dengan pasti merawat orang-orang kita ini. Baik isolasi mandiri untuk yang ringan, untuk yang sedang-berat dilakukan isolasi di rumah sakit," ujar Edy menambahkan.

Justru, kata dia, daerah dengan angka kasus Covid-19 kecil, bukan tidak mungkin terdapat banyak kasus karena belum ditracing atau dites swab.

Kota Medan menyumbang nyaris separuh dari penambahan kasus baru di Sumut pada Selasa. Angka ini merupakan yang terbanyak dibanding daerah lain di Sumut.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved