Breaking News:

Berita Pidie Jaya

TP PKK Launching Rumah Gizi Gampong di Pijay, Dyah Erti: RGG Cegah Stunting & Cetak Calon Pemimpin

"Saya harap, program RGG ini dapat berjalan dengan serius & maksimal serta serius dengan pola yang benar sehingga melahirkan generasi sehat," ucapnya.

Penulis: Idris Ismail | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Aceh, Dr Ir Dyiah Erti Idawati MT (kiri) memberikan asupan makan bergizi kepada salah satu anak di Gampong Meunasah Kulam, Kemukiman Kuta Reuntang, Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya usai secara resmi melaunching Rumoh Gizi Gampong (RGG), Kamis (15/7/2021) siang. 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya 

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Aceh, Dr Ir Dyiah Erti Idawati MT secara resmi melaunching Rumoh Gizi Gampong (RGG) yang dipusatkan di Gampong Meunasah Kulam, Kemukiman Kuta Reuntang, Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya (Pijay), Kamis (15/7/2021) siang.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Aceh itu turut menyambangi lokasi Program Pembinaan Keluarga Mawaddah dan Warahmah di Gampong Grong-grong, Kemukiman Beuracan, Kecamatan Meureudu. 

"Konsumsi gizi dengan baik lewat aneka makanan ikan serta hasil alam pertanian dan kebun telah memberikan kontribusi besar dalam menurunkan generasi baru dari dampak stunting bagi generasi baru," kata Dyah Erti kepada Serambinews.com, Kamis (15/7/2021), di sela-sela memberikan asupan makanan bergizi terhadap salah anak di gampong setempat. 

"Saya harap, program RGG ini dapat berjalan dengan serius dan maksimal serta serius dengan pola yang benar sehingga melahirkan generasi sehat dengan gizi cukup sehingga angka stunting dapat ditekan," jelasnya.

Menurut Dyah, hadirnya RGG ke-21 di Pijay itu dapat terus menjadi pilot project bagi 222 gampong lain di delapan kecamatan dalam Kabupaten Pijay.

“Artinya, dengan merubah  prilaku masyarakat dalam konsumsi makanan yakni, jangan masih terbesit makan enak dan kenyang, tapi prioritaskan kadar makanan yang bergizi cukup,” papar istri Gubernur Aceh itu.

Baca juga: Dyah Erti Idawati Kembali Launching Rumoh Gizi Gampong

Baca juga: Aceh Besar Resmikan Pilot Project Rumah Gizi Gampong Di Lubuk Sukon

Baca juga: Lubuk Sukon Pilot Project Rumoh Gizi Gampong di Aceh Besar, Ini Pesan Ketua TP PKK Aceh & Aceh Besar

"Kita harap RGG ini bisa melahirkan atau mencetak generasi di Pijay menjadi sosok pemimpin, mulai di tingkat gampong, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi dengan memenuhi gizi yang plus," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pijay, H Said Mulyadi, SE, MSi kepada Serambinews.com,  Kamis (15/7/2021), mengatakan, hadirnya RGG menjadi benteng utama dalam menyahuti berbagai permasalahan terhadap gizi masyarakat. 

"Pada intinya, Pijay berkomitmen besar menurunkan angka stunting secara maksimal dalam pencegahan sehingga semua segmen masyarakat musti terlibat dalam peran penanganan gizi masyarakat, " urainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Pijay, Eddy Azwar, SKM, MKes kepada Serambinews.com, Kamis (15/7/2021), mengatakan, kegiatan launching RGG ini sebagai langkah tepat dalam pencegahan stunting di Pijay.

"Anak yang stunting menjadikan anak itu dalam pertumbuhan dalam fisik dan mentalnya menjadi terganggu secara menyeluruh," tukas Eddy. 

Baca juga: Pijay Serahkan Donasi Peduli Palestina Rp 402 Juta untuk Pembangunan Sanitasi Air Bersih

Baca juga: Dyah Erti Dukung Keterlibatan Forum Anak, Untuk Cegah Kekerasan Terhadap Anak

Baca juga: 50 Warga Bandar Dua Pijay Disuluh Anti Narkoba, Kasat Narkoba: Generasi Muda Paling Rawan Terjebak

"Maka program RGG ini menjadi satu langkat tepat untuk meminimalisir atau menurunkan angka stunting di Pijay," ungkapnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved