Breaking News:

Update Covid 19

Begini Perlakuan yang Tepat Tangani Pasien Terkonfirmasi Covid-19 saat Lakukan Isolasi Mandiri

Mempersiapkan alat-alat kesehatan dasar seperti termometer atau pengukur suhu dan oxymeter atau pengukur saturasi oksigen.

Penulis: Ansari Hasyim | Editor: Ansari Hasyim
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Sejumlah warga binaan mengenakan masker saat menjalani isolasi mandiri di sebuah sel di Lapas Perempuan Pekanbaru. 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah telah menetapkan suatu prosedur dan langkah yang tepat bagi penanganan pasienterkonfirmasi covid-19 melakukan isolasi mandiri.

Isolasi mandiri menjadi cara yang mesti dilakukan jika masyarakat terpapar virus COVID-19 yang tanpa gejala atau bergejala ringan.

Perlu dipastikan agar isolasi mandiri dilakukan secara benar.

“Perlu ditekankan syarat kasus positif yang dapat melakukan isolasi mandiri ialah hanya untuk kasus yang tidak menunjukkan gejala atau gejala ringan,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito seperti dilansir Serambinews.com dari laman situs covid19.go.id, Jumat (16/7/2021).

Anak Usia 10 Tahun di Aceh Singkil Sembuh dari Covid, 29 Masih Isolasi Mandiri

Menurut Wiku terdapat sejumlah prosedur yang harus diperhatikan, baik sebelum dan saat prosedur isolasi mandiri dilakukan.

Pertama, mempersiapkan stok obat-obatan dasar seperti Vitamin C, D, Zn atau jenis obat-obatan lain sesuai anjuran dokter.

Mempersiapkan alat-alat kesehatan dasar seperti termometer atau pengukur suhu dan oxymeter atau pengukur saturasi oksigen.

“Mempersiapkan masker dan cairan desinfektan yang dapat terbuat dari air dengan sabun/detergen dalam jumlah cukup,” kata Prof Wiku.

Dia menambahkan, perlu disediakan ruangan terpisah yang tidak terakses oleh anggota keluarga lainnya dan mempersiapkan daftar kontak orang terdekat dan terpercaya maupun hotline penting untuk perbantuan saat darurat.

Berikut Vitamin yang Perlu Dikonsumsi saat Isolasi Mandiri, Simak Tata Cara dan Syaratnya

Kemudian hal yang harus diperhatikan prosedur isolasi mandiri dilakukan yaitu dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan berolahraga 3-5 kali seminggu, makan makanan bergizi seimbang, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved