Breaking News:

Berita Luar Negeri

Janji Pemimpin APEC Perangi Pandemi Global, Perluas Pembagian dan Pembuatan Vaksin Covid-19

Pemimpin APEC berjanji untuk bekerja memperluas pembagian dan pembuatan vaksin COVID-19 untuk memerangi pandemi global

Editor: Muhammad Hadi
Foto: Saudi Press Agency
Petugas memberi suntikan vaksin Covid-19 ke pria lansia di Riyadh, Arab Saudi. 

Janji Pemimpin APEC, Perluas Pembagian dan Pembuatan Vaksin Covid-19

SERAMBINEWS.COM - Dunia sedang melawan pandemi Covid-19 yang menyebar ke berbagai negara.

Virus Covid-19 menjadi andalan untuk membentuk kekebalan warga negara dalam perang melawan pandemi.

Para pemimpin Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik atau APEC, termasuk Presiden AS Joe Biden, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden China Xi Jinping, pada Jumat (16 Juli) berjanji untuk bekerja memperluas pembagian dan pembuatan vaksin COVID-19 untuk memerangi pandemi global.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan virtual APEC yang diketuai Selandia Baru, para pemimpin, yang berjuang untuk menjinakkan wabah yang telah diperburuk oleh varian Delta, mengatakan, mereka akan mendorong transfer sukarela teknologi produksi vaksin "dengan persyaratan yang disepakati bersama".

Baca juga: Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Hingga Akhir Juli, Ini Arahan Untuk Mensos dan Menkes

“Pandemi terus berdampak buruk pada masyarakat dan ekonomi di kawasan kami,” kata para pemimpin APEC dalam pernyataan bersama, seperti dikutip Reuters.

“Kedaruratan kesehatan ini hanya akan kita atasi dengan mempercepat pemerataan akses terhadap vaksin COVID-19 yang aman, efektif, terjamin mutunya, dan terjangkau”.

Para pemimpin APEC bertemu secara virtual untuk membahas tindakan kolektif untuk menavigasi pandemi COVID-19 dan dampak ekonominya.

Pertemuan tersebut menyoroti kekhawatiran yang berkembang seputar COVID-19 yang berkecamuk di kawasan Asia-Pasifik ketika negara-negara termasuk Indonesia, Thailand, dan Australia menghadapi gelombang infeksi baru.

Baca juga: Pikap Terjungkal Ditanjakan Jalan Tutut-Geumpang, Anggota DPRA Beri Kritikan Pedas

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menekankan pentingnya kelompok ekonomi beranggota 21 negara itu bekerjasama untuk menavigasi jalan keluar dari pandemi saat berbicara dengan Biden lewat sambungan telepon menjelang pertemuan APEC.

Sementara Putin mengatakan kepada para pemimpun APEC, hambatan global untuk produksi dan pengiriman vaksin perlu dihilangkan.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Para pemimpin APEC berjanji perluas pembagian dan pembuatan vaksin COVID-19

Baca juga: Kasus Covid-19 Cluster Klub Karaoke di Singapura, 400 Tempat Hiburan Malam Ditutup

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved