Breaking News:

Karhutla

Kebakaran Lahan Kosong Milik Adat di PRG, TNI Bantu Padamkan Api

Disebutkan, awalnya, warga melihat gumpalan asap disertai api di pinggir alur (sungai) dan melaporkan kejadian itu kepada Reje (Kepala Desa) serta Bab

Penulis: Budi Fatria | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Dok Pendim BM
Personel Koramil 04/PRG membantu memadamkan api yang membakar lahan kosong milik adat di Kampung Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Jumat (23/07/2021). 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Sebanyak sepuluh personel Koramil 04/PRG diterjunkan untuk membantu memadamkan api yang membakar lahan kosong milik adat di Kampung Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo (PRG), Kabupaten Bener Meriah, Jumat (23/07/2021).

Komandan Koramil 04/PRG, Kapten Czi Aep Muhkran Halid mengatakan, kebakaran lahan itu diketahui sekitar pukul 15.00 WIB, oleh salah satu warga setempat.

Deteksi Dini Karhutla, Riau Kembangkan Aplikasi Dasboard Lancang Kuning Nusantara

Disebutkan, awalnya, warga melihat gumpalan asap disertai api di pinggir alur (sungai) dan melaporkan kejadian itu kepada Reje (Kepala Desa) serta Babinsa.

Lanjutnya, mendapat informasi itu, pihaknya langsung mengerahkan personel kelokasi kebakaran sambil menunggu armada pemadam tiba.

"Personel kita bersama masyarakat setempat juga berusaha memadamkan api secara manual," ujar Danramil.

Sedangkan luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 2 hektare lebih.

Usai Kebakaran, Ponpes Darussa’adah di Bener Meriah Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Petugas gabungan yang terdiri dari pemadam kebakaran, TNI/POLRI juga masyarakat masih berusaha memadamkan api agar tidak menjalar lebih luas lagi.

Sejauh ini sebutnya, pihaknya belum bisa memastikan apakah lahan itu sengaja dibakar oleh seseorang atau karna kelalaian dari membakar sampah ataupun membuang puntung rokok sembarangan.

"Sekarang musim kemarau, ditambah angin juga kencang untuk itu jangan membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan apalagi di lahan belukar yang sangat rawan tersambar api rokok," imbau Danramil.(*)

Baca juga: Ketua Kadin Indonesia Segera Bentuk Kepengurusan, Siap Bantu Pemerintah Tangani Pandemi

Baca juga: Bahayanya Infeksi Jamur Hitam, Bisa Menyerang Pasien Covid Baru Pulih, Sudah Menyebar di Indonesia

Baca juga: UIN Ar-Raniry Kirim 10 Mahasiswa pada KKN Melayu Serumpun

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved