Breaking News:

Berita Kutaraja

Implementasikan MBKM, FT Unmuha Aceh Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum

“Penyusunan kurikumum Merdeka Belajar ini merupakan kurikulum yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” urai dia.

Penulis: Saifullah | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor Unmuha Aceh, Dr Aslam Nur MA diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr H Fadhlullah SH MS membuka Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2021, di ruang Rapat Lt 2, Kampus Unmuha, Banda Aceh, Kamis (29/7/2021). 

Laporan Saifullah | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Rektor Universitas Muhammadiyah ( Unmuha) Aceh, Dr Aslam Nur, MA diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr H Fadhlullah, SH, MS membuka Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2021.

Workshop yang menghadirkan pemateri Ketua Penjaminan Mutu Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, Dr Leny Sophia Heliana, ST, MSc ini berlangsung di ruang Rapat Lt 2, Kampus Unmuha, Banda Aceh, Kamis (29/7/2021).

Selain dihadiri oleh Wakil Rektor I Unmuha, Dr H Fadhlullah SH MS, juga dihadiri Ketua LP3,  Dr Saiful SAg MAg, Dekan Fakultas Teknik Dr Ir  Hafnidar ST MM IPU ASEAN Eng, Wakil Dekan I Ir  Wahyuni  MT,  Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Kepala Prodi Teknik Sipil Umuha Tamalkhan, Kepala Prodi Arsitekur Henny Marlina, dosen, dan staf Fakultas Teknik Unmuha.

Dalam sambutannya, Rektor Unmuha yang disampaikam oleh Wakil Rektor I, Dr H Fadhlullah SH MS mengatakan, pihaknya sangat bersyukur workshop ini dapat diselenggarakan di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Rektor juga berterima kasih atas kesedian Leny Sophia dan atas masukkannya dalam persiapan kurikulum berbasis MBKM.

“Penyusunan kurikumum Merdeka Belajar ini merupakan kurikulum yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” urai dia.

Baca juga: 44 Mahasiswa Unmuha Aceh Lulus Seleksi Program Kampus Mengajar II Kemendikbud

Baca juga: Unmuha Aceh Selenggarakan Webinar Branding Pustakawan di Era Pandemi Covid-19, Diikuti 250 Peserta

Baca juga: Re-Akreditasi, LAM-PTKes Visitasi Prodi S2 MKM Unmuha

“Sebelumnya kita mengenal ada kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan sekarang kita mengenal Kurikum berbasis MBKM," urai dia.

"Kami mengharapkan setelah penyusunan kurikulum Merdeka Belajar ini dapat ditindaklanjuti, dan semoga prodi yang lainnya bisa mengikuti langkah Fakultas Teknik Unmuha ini,” ujar Dr H Fadhlullah SH MS.

Ia juga berharap kepada Leny Sophia yang sudah banyak berkecimpung dalam penyusunan kurikulum Kampus Merdeka dapat mentransfer ilmunya dalam workshop tersebut.

“Insya Allah, kita akan menerapkan ke program studi lain yang berada di lingkungan Unmuha. Ini adalah harapan Rektor Unmuha dan harapan kita bersama,” ujar Fadhlullah.

Dekan Fakultas Teknik Unmuha, Dr Ir Hafnidar ST MM IPU ASEAN Eng mengatakan, tim kurikulum Fakultas Teknik Unmuha sudah menyusun draft dan berharap kepada Leny Sophia untuk melihat kembali kesesuaiannya.

“Jadi dibutuhkan persiapan untuk karir di masa depan. Oleh karena itu dengan adanya ketetapan dari Dikti, maka kita harus mengikuti program-program Kampus Merdeka,” ujar Dr Ir Hafnidar ST MM IPU Asean Eng.

Baca juga: LLDikti XIII Visitasi Unmuha, Cek Kelayakan Pembukaan Dua Program Studi Baru, Ini Hasilnya

Baca juga: Dua Mahasiswa Unmuha Aceh Lolos Seleksi National University Debating Championship Dikti

Baca juga: Sepuluh Mahasiswa Unmuha Aceh Mengikuti Kompetisi Nasional MIPA

Penyusunan kurikulum MBKM Tahun 2021 ini akan menjadi model bagi prodi atau fakultas lain di lingkungan Unmuha.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved