Breaking News:

Citizen Reporter

Kenali Raja Buah Termahal, Durian Duri Hitam

Sebut saja durian, pastilah kita sudah bisa membayangkan aroma dan kelezatannya. Durian merupakan buah lokal di Malaysia

Editor: bakri
Kenali Raja Buah Termahal, Durian Duri Hitam
FOR SERAMBINEWS.COM
NURUL NABIHAH BINTI ABDUL RAHMAN, Mahasiswi Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Pulau Pinang, Malaysia

OLEH NURUL NABIHAH BINTI ABDUL RAHMAN, Mahasiswi Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Pulau Pinang, Malaysia

Sebut saja durian, pastilah kita sudah bisa membayangkan aroma dan kelezatannya. Durian merupakan buah lokal di Malaysia yang dijuluki sebagai “raja buah”. Durian atau dalam bahasa saintifik digelar “durio” menjadi sebuah daya tarik di negara-negara Asia yang mampu menyedot perhatian banyak pelancong mancanegara maupun warga Malaysia sendiri.

Aromanya yang unik dan isinya dilindungi oleh kulit yang berserat dan berduri, dari duri itulah durian akhirnya mendapatkan namanya.

Durian juga memiliki jenis-jenisnya tersendiri. Salah satunya adalah duri hitam. Durian duri hitam atau ada juga yang menyebut “Black Thorn” adalah nama yang tidak asing lagi di kalangan penggemar durian dikarenakan keunikan rasanya yang mampu menandingi jenis durian lainnya. Masyarakat Cina di Malaysia lebih mengenali durian duri hitam ini dengan nama “durian ochee” dikarenakan mempunyai rasa lemak, manis, berkirm, dan sedikit rasa pahit selepas memakannya. Isinya berbentuk lebih bulat jika dibandingkan dengan durian lainnya. Durian ini juga berwarna kuning keemasan yang lebih menarik dipandang jika dibandingkan dengan yang lain.

Selain itu, durian duri hitam ini berasal dari Kampung Lima Kongsi, berhampiran dengan Sungai Bakap yang terletak di Pulau Pinang, Malaysia. Durian duri hitam ini merupakan Pemenang Anugerah Durian Terbaik Pulau Pinang Tahun 2011 dan 2012.

Pohon durian tersebut telah dirahasiakan bertahun-tahun lamanya meski mempunyai permintaan yang tinggi di kalangan pengusaha durian karena pemilik asalnya enggan menjual benih pokok (pohon) tersebut. Kabarnya, pemilik pohon tersebut mendapatkan benih asal pohon tersebut saat ia berada di Thailand.  Namun, masih tidak diketahui secara mendalam asal-usul pohon tersebut.

Pada pertengahan tahun 1980, pemilik pohon durian duri hitam, yaitu Bagi Kau telah mengizinkan temannya, Leow Cheok Keong, untuk menanam benih pohon tersebut di ladangnya yang terletak di Nibong Tebal, Kedah, Malaysia. Kebun itulah yang menjadi kebun durian duri hitam komersial pertama di Malaysia.

Namun begitu, menurut Leow, saat pohon-pohon pertama mulai berbuah, hasilnya tidak begitu memuaskan karena ia mempunya rasa yang manis dan isinya tidak mempunyai struktur lemak, serta rasanya yang agak memabukkan.

Leow kemudian mengambil keputusan untuk membiarkan saja pohon tersebut dan tidak melaburkan modal untuk membesarkan proyek tanaman dimaksud.

Sekitar tahun 2000, Ah Heng, seorang pengusaha durian, telah diperkenalkan kepada durian duri hitam dan telah membuat keputusan untuk memotong pohon-pohon durian D24 di kebunnya untuk dikacukkan atau dikahwinkan dengan benih durian duri hitam.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved