Breaking News:

Jurnalisme Warga

Melirik Keunikan Dayah Tarbiyatul Muballighin

PESANTREN di Indonesia ini merupakan salah satu lembaga pendidikan yang juga ikut serta dalam mencerdasan kehidupan anak-anak bangsa

Editor: bakri
Melirik Keunikan Dayah Tarbiyatul Muballighin
FOR SERAMBINEWS.COM
AIDIL RIDHWAN, LC, Putra asal Pante Garot, Pidie, alumnus Al Ahgaff University, Yaman, melaporkan dari Dayah Ummul Ayman, Samalanga, Bireuen.

OLEH AIDIL RIDHWAN, LC, Putra asal Pante Garot, Pidie, alumnus Al Ahgaff University, Yaman, melaporkan dari Dayah Ummul Ayman, Samalanga, Bireuen.

PESANTREN di Indonesia ini merupakan salah satu lembaga pendidikan yang juga ikut serta dalam mencerdasan kehidupan anak-anak bangsa.

Di Aceh, lembaga berasrama ini lebih dikenal dengan sebutan ‘dayah’.

Gerakan kultural yang biasanya dilakukan oleh dayah telah mampu mencetak generasi- generasi penerus bangsa yang seimbang antara pengetahuan sosial dan agamanya.

Bahkan, kehidupan di dayahdayah tak hanya membekali santri dengan ilmu agama, lebih dari itu, mereka juga dibekali dengan kreativitas dalam hal sosial dan ekonomi.

Saat ini saya berdomisili di Dayah Mahasiswa, Meunasah Bie, Meurah Dua, Pidie Jaya.

Namun, beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengunjungi Dayah Tarbiyatul Muballighin.

Pesantren ini berlokasi di Gampong Putoh, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen.

Nama lain dayah ini adalah ‘Dayah Ummul Ayman IV’. Dua jam berkeliling dan bercengkerama dengan santri-santri di dayah ini membuat kebosanan dan keletihan pikiran saya pun minggat.

Ini merupakan dayah keempat kepunyaan As-Syaikh Tgk H Nuruzzahri, yang akrab disapa dengan ‘Waled Nu Samalanga’ yang bernaung di bawah Yayasan Ummul Ayman juga.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved