Breaking News:

Opini

Laut Tawar, Fenomena Danau dengan Sejuta Misteri

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau di Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Aceh Tengah yang paling luas di Aceh

Editor: hasyim
Laut Tawar, Fenomena Danau dengan Sejuta Misteri
FOTO IST
RIZQAN ARAMI Mahasiswa Prodi Komunikasi Peyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Takenon, Aceh Tengah

Oleh. RIZQAN ARAMI Mahasiswa Prodi Komunikasi Peyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Takenon, Aceh Tengah

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau di Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Aceh Tengah yang paling luas di Aceh. Da- nau ini memiliki panorama alam yang menawan. Apalagi keunikannya dibalut beberapa kisah mistis yang diperca- ya masyarakat sekitar secara turun-temurun.

Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah yang dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia, yaitu kopi Gayo.

Selain terkenal dengan kopinya, Aceh Tengah nyatanya memiliki beberapa tempat wisata yang cukup populer seperti Danau Laut Tawar.

Danau ini menawarkan sensasi danau yang mirip dengan lautan. Wisatawan bisa melihat adanya ombak-ombak kecil yang sesekali menyapa tepi danau. Perbukitan hijau di sekitar danau juga menambah suasana alami dan sedap dipandang mata.

Secara geografis, danau ini terletak pada Daratan Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Untuk mencapainya, wisatawan cukup menempuh jarak yang cukup dekat dengan perjalanan sekitar 10 menit saja dari ibu kota Aceh Tengah, yaitu Takengon. Namun, jika datang dari Kota Banda Aceh, wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan de- ngan jarak tempuh mencapai 320 kilometer.

Tak hanya menyimpan panorama alam yang menawan, Danau Laut Tawar juga merupakan salah satu ele- men penting dalam roda per ekonomian masyarakat Aceh Tengah, khususnya yang berada di sekitar danau. Le- bih dari 20 sungai bermuara ke danau ini, serta air menjadi sumber irigasi utama untuk lahan pertanian dan perkebunan warga setempat.

Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga dibalut beberapa kisah misteri yang membuat bulu kuduk berdiri. Terdapat beberapa kisah mistis tentang penunggu Danau Laut Tawar yang dipercaya masyarakat sekitar sejak suku Gayo mendiami daerah Aceh Tengah dan sekitarnya. Konon, di danau ini ada sesosok putri duyung yang disebut masyarakat de- ngan nama Putri Ijo. Masyarakat juga percaya ada satu sosok yang mengerikan bernama Lembide.

Makhluk Lembide dipercaya merupakan salah satu penunggu Danau Laut Tawar. Masyarakat sekitar percaya bahwa Lembide merupakan sosok yang mirip dengan drakula pengisap darah segar.

Warga Takengon dan sekitarnya sempat dibuat heboh dengan adanya peristiwa yang diperkirakan berkaitan dengan makhluk gaib tersebut. Setiap tahunnya, ada saja korban yang meninggal di danau ini. Anehnya, korban yang meninggal selalu kehabisan darah dan terdapat luka semacam gigitan taring hewan buas di tubuhnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved