Breaking News:

Emping, Pliek U hingga Kemiri Aceh Diekspor ke Denmark

Komoditas Makanan Khas Aceh kini mulai ‘berkelana’ hingga ke Denmark. Aceh mulai membuka jalan untuk ekspor beberapa hasil produksinya

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Pedagang grosir di pusat pasar Kota Beureunuen, Kecamatan Mutiara, Pidie 

BANDA ACEH - Komoditas Makanan Khas Aceh kini mulai ‘berkelana’ hingga ke Denmark. Aceh mulai membuka jalan untuk ekspor beberapa hasil produksinya ke negara di belahan bumi Utara tersebut.

Sebagai wujud nyata untuk memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Aceh semakin maju dengan langkah pastinya untuk menuai pundi-pundi devisa negara dengan mengekspor berbagai komoditasnya ke berbagai negara di dunia.

Kabid Humas Kanwil Bea Cukai Aceh, Isnu Iswantoro mengatakan, pada Senin, (16/8/2021), sejumlah komoditas berupa Emping Melinjo, kapulaga, kemiri, kencur, asam keping dan patarana (pliek u). Sebanyak 53 kilogram komoditas berhasil diekspor ke Denmark melalui DHL Express Banda Aceh.

Setelah dikirim melalui DHL Express Banda Aceh, keenam komoditas ini diterima dan dikirim ke DHL Express Jakarta terlebih dahulu sebelum diterbangkan ke Denmark.

Kegiatan pelepasan ekspor yang diinisiasi oleh Kanwil Bea Cukai Aceh sejak Rabu, 7 Juli 2021 ini, merupakan tindak lanjut dari kegiatan Business Matching Hong Kong, 7 April 2021 lalu. Langkah selanjutnya setelah pengiriman melalui DHL .

Dengan adanya ekspor ini, diharapkan dapat semakin membuka pintu-pintu peluang pemanfaatan sumber daya komoditas asli Aceh sebagai komoditas ekspor selanjutnya.(mun)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved