Breaking News:

Berita Aceh

Kasus Covid-19 di Aceh Bertambah 355 Orang, 238 Pasien Sembuh, Protkes di Aceh Meningkat

kasus baru Covid-19 dilaporkan bertambah 355 orang, pasien yang sembuh bertambah 238 orang, dan 12 orang meninggal dunia

Penulis: Subur Dani | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG 

Laporan Subur Dani  | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Hasil monitoring kepatuhan protokol kesehatan selama periode 9 – 15 Agustus 2021 menunjukkan peningkatan kepatuhan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan di Aceh.

Sementara itu, kasus baru Covid-19 dilaporkan bertambah 355 orang, pasien yang sembuh bertambah 238 orang, dan 12 orang meninggal dunia.

“Tim monitoring perubahan perilaku memantau kepatuhan masyarakat mejalankan protokol kesehatan di belbagai fasilitas umum setiap hari, dan analisis dirilis mingguan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional,” jelas Saifullah Abdulgani.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh itu menjelaskan, tingkat kepatuhan memakai masker di Aceh sekitar 88,53 persen dari 713 ribu orang yang dipantau selama seminggu di tempat-tempat umum.

Baca juga: Pertama Sejak Pandemi, Kasus Harian Positif Covid-19 Aceh Tembus 400 Orang

Sementara tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan mencapai 91 persen. Rerata nasional 90,63 persen dan 89,31 persen.

Tingkat kepatuhan tersebut lebih baik dibandingkan hasil monitoring periode 2 – 8 Agustus 2021.

Pada periode tersebut, tingkat kepatuhan memakai masker sekitar 84,92 persen, dan kepatuhan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan sekitar 87,62 persen.

Sedangkan rerata nasional dalam periode itu sekitar 90,49 persen dan 88,89 persen.

Meski tingkat kepatuhan meningkat, bila disandingkan 10 provinsi di Sumatera, posisi Aceh masih di urutan kelima.

Baca juga: Di Hadapan Gubernur, Fraksi PA Tolak Pengesahan Pertanggungjawaban APBA 2020 dan Sekda Wajib Diganti

Hal ini terjadi karena daerah-daerah lain juga terus berikhtiar meningkatkan protokol kesehatan untuk melindungi diri dan komunitasnya dari ancaman virus corona yang kian beragam variannya itu.

Lima tertinggi tingkat kepatuhan masker, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, dan Aceh. Lima tertinggi menjaga jarak dan menhindari kerumunan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau,  Riau, Sumatera Barat, dan Aceh.

Kemudian Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu mengatakan, Satgas Penanganan Covid-19 Aceh memberi apresiasi yang tinggi atas ikhtiar masyarakat memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan tersebut.

Baca juga: Seorang Teknisi Meninggal Tersengat Listrik di Indomaret SPBU Blang Muko Nagan Raya

Kepatuhan protokol kesehatan perlu lebih ditingkatkan dengan ditemukannya 11 kasus varian baru virus corona di Aceh.

“Virus varian baru Delta diyakini berkali-kali lebih cepat menular dibandingkan varian SARS-Cov-2 sebagai penyebab Covid-19 selama ini, dan karena itu perlu kewaspadaan lebih tinggi lagi,” ujarnya. (*)

Baca juga: VIDEO Viral Warga Buol Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19, Dipikul Berjalan di Tengah Kota

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved