Breaking News:

Prodia Aceh

Yakinkah Anda Terbebas dari Hepatitis?

Istilah "hepatitis" dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati (liver) karena berbagai macam ...

Editor: IKL
For Serambinews
Prodia Promo ProHealthy Liver 2021 

SERAMBINEWS.COM - Istilah "hepatitis" dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati (liver) karena berbagai macam sebab, mulai dari infeksi virus hepatitis (A, B, C, D, E, F, dan G), perlemakan hati kronis akibat gaya hidup modern yang kurang gerak dengan pola makan tinggi lemak dan karbohidrat sampai dengan keracunan alkohol dan obat-obatan termasuk obat tradisional.

Di Indonesia, hepatitis lebih banyak disebabkan oleh infeksi virus.

Radang hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis, paling umum dijumpai adalah hepatitis A, B, dan C. Gejala hepatitis A dan B biasanya dimulai dengan demam, pegal otot, mual, mata menjadi kuning dan air seni kemerahan.

Namun tidak semua orang mengalami gejala seperti itu. Sedangkan gejala hepatitis C biasanya lebih ringan, bahkan tanpa gejala sampai tahap berlanjut.

Baca juga: Waspadai Gangguan Kesehatan Setelah Hari Raya

Pada umumnya, setelah terserang hepatitis A, penderita dapat sembuh secara sempurna.

Sebagian besar penderita hepatitis B dapat sembuh, tapi sekitar 5-10% dapat berkembang menjadi kronik kemudian sirosis hati, dan sebagian kecilnya menjadi kanker hati.

Sedangkan penderita hepatitis C lebih banyak yang menjadi kronik dan berkembang menjadi sirosis hati serta sebagian kecil menjadi kanker hati.

Memerlukan waktu 17-20 tahun untuk seorang penderita hepatitis B dan C berkembang menjadi sirosis hati atau kanker hati. Kedua kondisi tersebut sulit diobati dan masa survivalnya pendek, yang akhir-akhirnya adalah kematian.

Berbeda dengan hepatitis A yang lebih banyak ditularkan dari makanan yang terkontaminasi, penularan hepatitis B adalah melalui kontak darah atau hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.

Hepatitis A dan B ada vaksin pencegahannya dan sebagian besar penderitanya akan sembuh tuntas dan punya kekebalan seumur hidup.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved