Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Bungong Situnjong Peroleh HKI, Pemkab Aceh Selatan Diharapkan Dorong Penggunaan Motif Secara Resmi 

motif adat khas Aceh Selatan Bungong Situnjong telah menjadi pusat perhatian publik khususnya peminat cinderamata di Aceh

Penulis: Taufik Zass | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Direktur Politeknik Aceh Selatan Dr Muhammad Yasar STP M Sc 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN – Dalam setahun terakhir, motif adat khas Aceh Selatan Bungong Situnjong (dalam Bahasa Aceh) atau Bungo Situnjuang (dalam Bahasa Jamee) telah menjadi pusat perhatian publik khususnya peminat cinderamata di Aceh.

Setelah sukses menjadi pemenang produk unggulan dalam Rakerda Dekranasda Aceh 2020 yang lalu.

Berbagai produk cinderamatapun mulai bermunculan menggunakan motif Situnjong seperti baju, jilbab, peci, kain sarung, bros, tas, dompet, kaos, gantungan kunci, dan plakat.

Sebagai hasil kreativitas intelektual kelompok masyarakat adat yang memiliki potensi nilai komersial.

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Selatan mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kepemilikan Komunal bidang Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) ke Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Baca juga: Bunga Situnjung & Miniatur Adat Aceh Selatan Sah Jadi Hak Paten Aceh Selatan, Diserahkan Kemenkumham

Dan Sertifikat HKI Situnjong tersebut telah diterima langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran didampingi Ketua Dekranasda Aceh Selatan, Kailida Amran S.Pdi pada Kamis (26/08/2021).

Penyerahan Sertifikat HKI tersebut dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Aceh, yang diwakili Kepala Divisi Hukum dan HAM, Sasmita SH MH.

Penyerahan ini dilaksanakan pada pembukaan acara Edukasi Tentang Pencegahan Pelanggaran Kekayaan Intelektual di Kabupaten Aceh Selatan, yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Aceh melalui kerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Aceh Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc menyampaikan apresiasi atas langkah pencatatan HKI Bungong Situnjong sebagai HKI Kepemilikan Komunal masyarakat Aceh Selatan.

Baca juga: Diduga Terkena Jeratan Babi, Begini Kondisi Tiga Harimau Sumatera Di Meukek Mati Mengenaskan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved