Breaking News:

Luar Negeri

PM Malaysia Tak Hadir Pelantikan Kabinet, Ismail Sabri Dikarantina Usai Kontak Dengan Pasien Covid

Ismail mengambil alih kekuasaan di tengah ketidakpuasan public terhadap cara pemerintah menangani pandemic.

Editor: Faisal Zamzami
Twitter @IsmailSabri60
Wakil Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob. 

SERAMBINEWS.COM, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dikarantina menyusul kontak dekat dengan pasien Covid-19.

Namun kantor perdana menteri dalam pernyataannya Senin (30/8/2021) tidak mengatakan berapa lama dia akan dikarantina atau apakah dia telah diuji untuk virus corona.

Ismail dilantik sebagai perdana menteri awal bulan ini, menggantikan Muhyiddin Yassin, yang mengundurkan diri setelah gagal mempertahankan mayoritas di Parlemen.

Ismail mengambil alih kekuasaan di tengah ketidakpuasan public terhadap cara pemerintah menangani pandemic.

Kasus Covid-19 baru-baru ini melonjak ke rekor tertinggi dan menurunkan perkiraan pertumbuhan setelah ekonomi terpukul oleh penguncian yang diperpanjang.

Meskipun sejumlah negara bagian telah membuat kemajuan besar dalam menginokulasi populasi mereka, masih ada enam negara bagian yang proporsi populasi orang dewasa yang menerima dosis kedua mereka masih di bawah 50 persen.

Ismail diperkirakan tidak dapat menghadiri pelantikan Kabinet Malaysia yang baru dibentuknya, pada Senin (30 Agustus).

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Perdana Menteri berbunyi: “Perdana menteri tidak akan menghadiri penyerahan surat pengangkatan dan upacara pelantikan para menteri federal dan wakil menteri di hadapan Raja Sultan Abdullah Mustafa Billah Syah sore ini.”

Selain itu, juga disebutkan bahwa Ismail Sabri akan berpartisipasi dalam perayaan hari nasional di Putrajaya pada hari Selasa (31/8/2021) secara virtual.

Sebelumnya pada hari itu, dilaporkan bahwa Wakil Menteri Pendidikan Mohamad Alamin tidak akan menghadiri upacara karena ia telah terinfeksi Covid-19.

Baca juga: 22 Warga Aceh di Malaysia Pulang dengan Pesawat Carteran, Difasilitasi oleh SUBA dan Permebam

Baca juga: PM Malaysia Ismail Sabri Pernah ke Banda Aceh

Kabinet Malaysia yang baru dijadwalkan akan dilantik di hadapan Raja Sultan Abdullah di istana nasional Senin (30/8/2021) pada pukul 14:30 waktu setempat, sehari sebelum hari nasional ke-64 negara itu.

Kabinet yang diresmikan Ismail Sabri Jumat lalu terdiri dari 31 menteri dan 38 wakil menteri.

Ada empat menteri senior pengganti wakil perdana menteri, yaitu Mohamed Azmin Ali dari Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), Hishammuddin Hussein dari United Malays National Organization (UMNO), Mohd Radzi Md Jidin dari Bersatu serta Fadillah Yusof dari Gabungan Parti Sarawak (GPS).

Mohamed Azmin tetap sebagai perdagangan internasional dan menteri industri. Dr Mohd Radzi dan Bapak Fadillah juga menyimpan portofolio pendidikan dan pekerjaannya masing-masing.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved