Breaking News:

Nova dan Muslim Calon Ketua Demokrat Aceh, Musda Digelar 23 September 2021

Teka-teki apakah Nova Iriansyah akan tetap maju sebagai calon ketua DPD Partai Demokrat Aceh terjawab sudah

Editor: bakri
Foto: IST
Tim pendukung Nova Iriansyah menyerahkan surat dukungan dan formulir pendaftaran kepada Ketua SC Musda Demokrat Aceh, Yunus Ilyas di Sekretariat Partai tersebut, Banda Aceh, Selasa (7/9/2021). 

BANDA ACEH - Teka-teki apakah Nova Iriansyah akan tetap maju sebagai calon ketua DPD Partai Demokrat Aceh terjawab sudah. Selasa (7/9/2021) kemarin, Nova yang juga Gubernur Aceh ini resmi menyerahkan surat dukungan 10 DPC sekaligus mendaftar sebagai calon ketua kepada panitia Musyawarah Daerah (Musda) V Partai Demokrat Aceh.

Sementara Muslim, Anggota DPR RI asal Aceh yang dicalonkan oleh 13 DPC telah menyerahkan surat dukungan sehari sebelumnya, Senin (6/9/2021). Hanya saja, formulir pendaftaran diserahkan pada hari penutupan pendaftaran, Rabu (8/9/2021) hari ini. Musda itu sendiri dijadwalkan pada 23 September 2021 di Banda Aceh.

Ketua Tim Pendukung Nova, Ismail, seusai mendaftar mengatakan, surat dukungan 10 DPC dan formulir pendaftaran Nova sebagai calon ketua diserahkan kepada Ketua Steering Committee (SC) Musda V Demokrat Aceh, Yunus Ilyas, di sekretariat partai tersebut di Banda Aceh.

Ke-10 DPC yang mendukung Nova yaitu DPC Aceh Tengah, Bener Meriah, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, dan Nagan Raya. "Surat dukungan ini diantar oleh lima ketua DPC yaitu Ketua DPC Aceh Tengah saya sendiri, Ismail, Ketua DPC Pidie M Ali, Ketua DPC Pijay Dalimi, Plt Ketua DPC Singkil, T Sama Indra, dan Ketua DPC Aceh Tamiang, Nora Idah Nita," sebut Ismail.

Sedangkan 13 DPC lainnya sudah menyatakan dukungannya untuk Muslim, yang berkasnya diantarkan pada Senin (6/9/2021) kemarin. Ke-13 DPC tersebut yaitu Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Timur, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen, Sabang, Aceh Tenggara, Langsa, Gayo Lues, Aceh Jaya, dan Simeulue.

Berkas pendaftaran diantar dan diserahkan oleh HT Ibrahim (Ketua DPC Aceh Besar), Arif Fadillah (Ketua DPC Banda Aceh), Tantawi (Ketua DPC Aceh Utara), dan Nurdiansyah Alasta (Ketua DPC Aceh Tenggara).

Arif Fadillah yang dikonfirmasi Serambi mengatakan, ada tiga jenis dokumen yang diantar dalam pendaftaran tersebut, yaitu surat dukungan 13 DPC dalam bentuk manual, surat dukungan dalam bentuk PDF, dan surat dukungan yang sudah ditandatangani dan dibubuhi materai 6.000.

Walau demikian, menurut Ketua SC, Yunus Ilyas, meski sudah mengantar surat dukungan, kubu Muslim hingga Selasa kemarin belum menyerahkan formulir pendaftaran. Hasil komunikasi pihaknya dengan tim pendukung, formulir itu akan disampaikan pada hari penutupan pendaftaran yaitu Rabu (8/9/2021) hari ini.

Dengan telah mendaftarnya Nova dan Muslim, berarti ada dua calon kandidat ketua yang akan bertarung dalam musda nanti. Sebelumnya, sempat tidak jelas apakah Nova akan maju lagi sebagai calon ketua atau tidak. Pasalnya, sebanyak 13 DPC tiba-tiba menarik dukungan dan mengalihkannya ke Muslim dengan alasan Nova tidak berniat untuk maju lagi.

Penarikan dukungan ke-13 DPC itu terjadi pasca-ditundanya musda yang sebelumnya dijadwalkan pada 12-13 Juni 2021. Padahal saat itu semua DPC telah menyatakan dukungannya terhadap Nova, sehingga dia dipastikan akan menjadi calon tunggal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved