Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Tim Verifikator Uji Kualitas Kebun Sawit PSR Aceh Tamiang

adan Pengelola Dana Perkebunam Kelapa Sawit (BPDPKS) mengerahkan tim verifikator ke Aceh Tamiang untuk meninjau pelaksanaan peremajaan sawit rakyat

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/RAHMAD WIGUNA
Tirta Wahyu (kiri) saat mengukur jarak tanam kelapa sawit di salah satu kebun masyarakat uang ikut program PSR, beberapa waktu lalu. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Badan Pengelola Dana Perkebunam Kelapa Sawit (BPDPKS) mengerahkan tim verifikator ke Aceh Tamiang untuk meninjau pelaksanaan peremajaan sawit rakyat (PSR) yang sudah memasuki tahun keempat.

Pemeriksaan lapangan ini dilakukan oleh tim dari Sucofindo, selaku pihak yang ditunjuk untuk meninjau langsung lokasi pengerjaan dan pekebun yang ikut program PSR.

Tirta Wahyu, tim verifikator menjelaskan pemeriksaan lahan ini dilakukan terhadap seluruh koperasi pelaksana PSR yang sudah melakukan pekerjaan mulai dari Rekomtek pertama hingga keenam.

"Verifikasi ini untuk memastikan koperasi betul-betul melaksanakan program PSR sesuai regulasi," kata Wahyu, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Tauke Kelapa Sawit di Aceh Utara Ditemukan Meninggal di Tambak,Diduga Akibat Tersambar Petir

Salah satu penilaian verifikasi ini merupakan jarak tanam kelapa sawit, legalitas lahan dan identitas pekebun.

Wahyu pun memastikan saat meninjau lahan yang dikerjakan Koperasi Mitra Tamiang, tiga penilaian itu sudah terpenuhi.

"Sudah cukup baik, termasuk kami mendengarkan langsung harapan pekebun yang meminta program ini dilanjutkan dan ditingkatkan lagi," kata Wahyu.

Ketua Koperasi Mitra Tamiang, Nurdin yang menghampiri proses verifikasi menyebut pihaknya mulai terlibat pengerjaan pada tahun kedua atau 2019.

Baca juga: Dukung Investasi UEA, Imigrasi Diminta Buka Kantor di Aceh Singkil

"Secara keseluruhan kami mengerjakan lebih dua ribu hektare, dan kami betul-betul memedomani regulasi dalam pengerjaannya," ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved