Breaking News:

Berita Jakarta

Taman Iskandar Muda Ziarahi Makam Sultan Aceh di Jakarta Timur dalam Rangka Pemugaran Makam

ziarah ke makam Sultan Aceh terakhir, Minggu (12/9/2021) di Taman Pemakaman Umum Kemiri, Rawamangun di Jakarta Timur

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Keluarga Besar Taman Iskandar Muda (TIM) yang dipimpin Ketua Umum PP TIM, Dr. Surya Darma bersama warga Aceh Jakarta, berikut  keluarga besar  cucu dan buyut dari Sultan Alaiddin Muhammad Daud Syah, melakukan ziarah ke makam Sultan Aceh terakhir, Minggu (12/9/2021) di Taman Pemakaman Umum Kemiri, Rawamangun di Jakarta Timur 

Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Keluarga Besar Taman Iskandar Muda (TIM) yang dipimpin Ketua Umum PP TIM, Dr. Surya Darma bersama warga Aceh Jakarta, berikut  keluarga besar  cucu dan buyut dari Sultan Alaiddin Muhammad Daud Syah, melakukan ziarah ke makam Sultan Aceh terakhir, Minggu (12/9/2021) di Taman Pemakaman Umum Kemiri, Rawamangun di Jakarta Timur.

 Ziarah ini dilakukan sekaligus untuk berdoa kepada Allah SWT semoga almarhum beserta keluarga dan para kerabat yang mendampinginya yang dimakamkan di pemakaman Kemiri Jakarta pada zaman penjajahan Belanda mendapat ampunan dan tempat yang mulia.

Doa juga dalam rangka pemugaran makam Sultan yang akan dimulai pekan depan dan diharapkan selesai sebelum akhir 2021.

Sultan Alaiddin Muhammad Daud Syah yang lahir pada 1871, merupakan tokoh kunci di Indonesia yang berhasil mempertahankan wilayah dari kesultanan Aceh yang menolak menandatangani dan tanpa pernah menyerahkannya kepada Belanda.

Alaiddin Muhammad Daud Syah terus berjuang dengan caranya sampai detik-detik menghembuskan nafas terakhir walaupun dia telah diasingkan ke Batavia oleh Belanda.

Baca juga: Makam Sultan Aceh di Jakarta Dipugar, Anggota DPR RI Apresiasi Gubernur Anies Baswedan

“Sultan Alaiddin sudah selayaknya diberikan penghargaan oleh pemerintah atas jasa-jasanya itu. Namun sampai saat ini, upaya TIM bersama masyarakat Aceh yang berjuang untuk menjadikan almarhum sebagai pahlawan nasional belum berhasil,” kata Surya Darma.

TIM bahkan sudah pernah membentuk panitia melakukan persiapan pengusulan Sultan Alaiddin Muhammad Daud Syah menjadi pahlawan nasional sejak tahun 2003.

Untuk keperluan itu, TIM bahkan sudah melakukan persiapan pemugaran makam atas dukungan dan bantuan Pemerintah Aceh dan Pemda DKI Jakarta.

Kemudian juga menyelenggarakan sebuah seminar pada tahun 2007 bersama Pemerintah Aceh untuk mendukung proses pengusulan almarhum menjadi pahlawan nasional.

Baca juga: HMI Lhokseumawe - Aceh Utara Apresiasi Anies Baswedan, Atas Rencananya Pugar Makam Sultan Aceh

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved