Breaking News:

Berita Langsa

250 KK di Bantaran Krueng Langsa Dipindah ke Timbang, Dapat Rumah Tipe 36 Bersertifikat Khusus

Kadis PUPR Kota Langsa Muharram, ST, MSi, mengatakan program penanganan kawasan kumuh bantaran Krueng Langsa ini akan dilakukan dengan pola pemindahan

Penulis: Zubir | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Kadis PUPR Langsa, Muharram, saat memberikan pemaparan kepada warga di Bantaran Krueng Langsa yang akan dipindah ke Timbang Langsa 

Kadis PUPR Kota Langsa Muharram, ST, MSi, mengatakan program penanganan kawasan kumuh bantaran Krueng Langsa ini akan dilakukan dengan pola pemindahan masyarakat ke permukiman baru Gampong Timbang Langsa. 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Langsa bersama Tim Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) melakukan konsolidasi dan sosialisasi kepada warga terkena  program penanganan kawasan kumuh bantaran Krueng Langsa.

Hadir dalam konsolidasi dan sosilaisasi ini Kadis PUPR Kota Langsa, Muharram, ST, MSi, Camat Kota Langsa, Herib Setiawan, SSTP, MSP, aparat Gampong Jawa, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR, dan lainnya.

Kadis PUPR Kota Langsa Muharram, ST, MSi, mengatakan program penanganan kawasan kumuh bantaran Krueng Langsa ini akan dilakukan dengan pola pemindahan masyarakat ke permukiman baru Gampong Timbang Langsa. 

Pada kesempatan itu, Kadis PUPR juga memyampaikan proses dan mekanisme perpindahan warga yang masih tinggal di bantaran Krueng Langsa ini secara bertahap.

"Jumlah warga yang tinggal di bantaran Krueng Langsa ini sebanyak 250 KK, semuanya pada tahun ini akan dipindahkan ke Timbang Langsa," sebutnya. 

Baca juga: Debit Air Tinggi, Bantaran DAS Krueng Langsa Amblas Ancam Rumah Warga

Baca juga: Pemko Bangun 103 Unit Rumah Kopel Tipe 36, Diperuntukan bagi Warga Relokasi Bantaran Krueng Langsa

Baca juga: Hujan Deras Sejak Semalam Hingga Menjelang Pagi, DAS Krueng Langsa Mulai Meluap

Dalam pertemuan itu, intinya semua warga di bantaran Krueng Langsa setuju dipindahkan atau direlokasi ke tanah milik Pemko Langsa yang ada di Timbang Langsa. 

Saat ini, dia menjelaskan, pihak rekanan sedang menyelesaikan 250 unit bangunan rumah tipe 36 atau 6 x 6 meter persegi di atas masing-masing tanah 10 x 150 meter. 

Rumah semi permanen tersebut akan dihibahkan oleh Pemko Langsa kepada 250 KK warga yang kini masih tinggal di bantaran Krueng Langsa

Menurut Muharram, pada tahap pertama ini akan dilakukan pemindahan 92 unit rumah yang direncanakan dilakukan pada minggu pertama bulan Oktober 2021. 

Selanjutnya, sebanyak 158 KK akan dilakukan pemindahan pada tahap II dan III yang akan tuntas dilakukan pada akhir 2021 ini yang sekarang menunggu penyelesaian pembangunan rumah tersebut.

"Pemidahan 250 KK warga di bantaran Krueng Langsa Gampong Jawa ini ke kawasan relokasi Gampong Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, akan tuntas tahun 2021 ini," paparnya.

Muharram menambahkan, sertifikat dan rumah dari Pemko Langsa tersebut akan langsung diberikan kepada warga yang terkena relokasi, tapi sertifikatnya  khusus tidak boleh diperjual belikan. 

"Untuk menghndari rumah itu diperjual belikan, maka sertifikat rumah bantuan warga relokasi akan dilebel khusus dari BPN," tutupnya. (*)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved