Breaking News:

Air Bersih

Produksi Air Bersih PDAM Tirta Daroy Turun 30 Persen , Dampak Muka Air Baku Krueng Aceh Berkurang

Sehingga dari total produksi pada hari normal sekitar 800 liter kubik perdetik, turun menjadi 550-600 liter kubit perdetik.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Ansari Hasyim
Serambi Indonesia
20 Ribu Pelanggan PDAM Tirta Daroy Krisis Air Bersih 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Produksi air bersih oleh PDAM Tirta Daroy Banda Aceh turun drastis sejak sebulan terakhir.

Dalam beberapa hari terakhir penurunan sudah mencapai 30 persen. Hal itu disebabkan oleh berkurangnya muka air baku di Krueng Aceh, untuk kebutuhan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air Lambaro.

Direktur PDAM Tirta Daroy Banda Aceh, T Novrizal Aiyub atau yang akrab disapa Ampon Yub kepada Serambi kemarin mengatakan, akibat turunnya turun permukaan air, produksi WTP Lambaro menurun antara 30 hingga 40 persen.

Sehingga dari total produksi pada hari normal sekitar 800 liter kubik perdetik, turun menjadi 550-600 liter kubit perdetik.

Baca juga: Universitas Syiah Kuala Perpanjang Jadwal Perkuliahan Daring

Sedangkan volumen air di bendungan Krueng Aceh yang biasa mencapai 2 meter, kini hanya tersisa 70-80 cm lagi.

“Biasa ada air di Krueng Aceh itu sekitar 2 meter, sekarang di tempat dalam itu hanya tersisa 80 cm lagi airnya. Makanya jumlah produksi kita menurun hingga 30 persen,” ujar pria yang akrab disapa Ampon Yub.

Kondisi berkurangnya debit air sudah berlangsung sekitar sebulan terakhir. Dampaknya, beberapa pelanggan menjadi kesulitan mendapatkan suplai air bersih.

“Kawasan yang biasa sulit-sulit air, sekarang jadinya makin sulit, karena harus kita gilir, khususnya pelanggan yang di ujung-ujung pipa,” ujarnya.

Baca juga: Pemain Belanda di Manchester City Cetak Gol Pertama Liga Champions, Sang Ayah Meninggal Dunia

Menjelaskan, diprediksi ada 2 ribu pelanggan yang terganggu, seperti Wilayah Jeulingke, Lamdingin, hingga Lampulo.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved