Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Sekda Aceh Jaya Minta Ulama Dukung Pemkab Tegakkan Syariat Islam

Ulama merupakan penerus dari nabi dalam membimbing dan mengayomi umat manusia ke jalan amar ma'ruf nahi mungkar.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Taufik Hidayat
Foto kiriman warga
Sekda Aceh Jaya Mustafa saat Rapat Koordinasi (Rakor) Muna Kabupaten Aceh Jaya di Aula seketariat Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Jaya, Jumat (24/9/2021) 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Seketaris Daerah (Sekda) Aceh Jaya, Mustafa mengapresiasi kehadiran organisasi Majelis Ulama Nanggroe Aceh (Muna) di kabupaten Aceh Jaya, sehingga dapat menunjang kinerja pemerintah kabupaten Aceh Jaya khususnya dalam bidang keagamaan.

Hal itu disampaikan Mustafa saat Rapat Koordinasi (Rakor) Muna Kabupaten Aceh Jaya di Aula seketariat Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Jaya, Jumat (24/9/2021).

"Kami memberikan apresiasi atas terlaksananya rakor Muna pada tahun ini, semoga dapat menghasilkan ide - ide atau gagasan yang dapat menunjang kinerja pemerintah khususnya dalam bidang keagamaan," ujar sekda Aceh Jaya, Mustafa saat memberikan sambutan

Lebih lanjut Sekda mengatakan, ulama merupakan penerus dari nabi dalam membimbing dan mengayomi umat manusia ke jalan amar ma'ruf nahi mungkar.

Ulama memiliki peran strategis dalam kehidupan sosial, keagamaan dan pemerintah. 

Selain itu, juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam membina umat, karena kedudukan ulama dalam kehidupan masyarakat kita sangat kuat. 

Baca juga: Kivlan Zen Lakukan Banding Putusan PN, Sebut Kasusnya Dendam Politik Wiranto

Baca juga: Wakil Sekjen PBB Khawatirkan Ketersediaan Pangan Global, Ratusan Jutaan Orang Masih Kelaparan

Saat ini, tambah Sekda, ulama juga telah mendapat legitimasi yuridis, antara lain melalui undang-undang nomor 44 tahun 1999 tentang penyelenggaraan keistimewaan provinsi Aceh, dan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh. 

"Penyelenggaraan keistimewaan Aceh dalam bingkai otonomi khusus itu meliputi aspek syariat islam, adat istiadat, pendidikan dan peran ulama," ungkapnya.

Sekda meminta para ulama untuk terus memberikan dukungan kepada pemerintah Aceh Jaya dalam upaya pelaksanaan syariat Islam secara khaffah serta dapat bersama-sama mendeteksi berbagai aksi terselubung para penyebar aliran sesat di wilayah Aceh Jaya.

Baca juga: Polisi Inggris Tangkap Pembunuh Guru Sekolah Dasar di Taman London

"Kehadiran Muna selama ini telah memberikan kontribusi nyata dalam membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan keagamaan seperti yasin fadhilah, tawajjuh, majelis taklim, baik di tingkat kabupaten maupun di kecamatan dalam wilayah Aceh Jaya," jelasnya.

Untuk itu, ia berharap peran seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat dan ulama untuk meningkatkan pengamalan agama melalui program magrib mengaji, majelis yasin fadhilah, dan jamaah subuh keliling sehingga dapat terlaksana syariat islam yang khaffah di Aceh Jaya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved