Breaking News:

Tiga Santri Oemar Diyan Wakili Aceh ke Tingkat Nasional

Tiga santri Pesantren Modern Tgk Chik Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar, akan mewakili Aceh pada dua kompetisi berbeda

Editor: bakri
Tiga Santri Oemar Diyan Wakili Aceh ke Tingkat Nasional
Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd

BANDA ACEH - Tiga santri Pesantren Modern Tgk Chik Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar, akan mewakili Aceh pada dua kompetisi berbeda tingkat nasional. Kepastian itu didapat setelah mereka menjadi juara pertama pada masing-masing kategori untuk lomba yang sama tingkat Provinsi Aceh, beberapa waktu lalu.

Pimpinan Pesantren Modern Tgk Chik Oemar Diyan, Ustaz Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd, kepada Serambi, di Banda Aceh, Minggu (26/9/2021), menyebutkan, ketiga santri itu adalah M Safwandi (siswa kelas III madrasah aliyah), Syabillah Putri Aldifa (siswi kelas III madrasah aliyah), dan Muhafizul Mulqi (pelajar kelas III madrasah tsanawiyah).

“M Safwandi akan mewakili Aceh ke Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2021 untuk bidang ekonomi. Sementara Syabilla dan Muhafizul menjadi duta Aceh ke Kompetisi Bahasa Arab Nasional masing-masing untuk kategori MAS dan MTsS. Kedua kompetisi tingkat nasional itu akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka kegiatannya dilaksanakan secara daring,” jelas Ustaz Fakhruddin.

Lebih lanjut Ustaz Fakhruddin menjelaskan, peserta yang lolos ke KSM dan Kompetisi Bahasa Arab tingkat nasional itu sebelumnya merupakan juara pertama di tingkat kabupaten dan provinsi. Nantinya, sebut Ustaz Fakhruddin, santri Oemar Diyan yang menjadi wakil Aceh itu akan bersaing dengan utusan dari provinsi lain di seluruh Indonesia.

“Kami berharap dukungan dan doa dari semua pihak agar santri kita bisa meraih prestasi terbaik di kompetisi tingkat nasional nanti,” harap Ustaz Fakhruddin yang juga Ketua Umum Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Aceh. M Safwandi, sebutnya, akan tampil di KSM tingkat nasional bersama 10 siswa lain dari sejumlah sekolah/madrasah tingkat SD/MI hingga SMA/MA di Aceh.

Untuk Kompetisi Bahasa Arab Nasional yang dilaksanakan oleh forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab, lanjut Ustaz Fahruddin, santri Oemar Diyan sebelumnya sudah pernah meraih prestasi terbaik. “Pada tahun 2018, santri kita atas nama Ade Sidratul Aminsyah tampil sebagai juara pertama Kompetisi Bahasa Arab Nasional untuk kategori 4 (kelompok MAS). Sedangkan pada tahun 2019, Adinda Muarrifa meraih juara harapan dua untuk kelompok MTsS,” ungkapnya.

Atas prestasi tersebut, tambah Ustaz Fakhruddin, Ade Sidratul Aminsyah pada saat itu mendapat beasiswa dari Pemerintah Aceh melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. “Sekarang, santri kita itu masih kuliah di Al-Azhar,” tutup Ustaz Fakhruddin seraya berharap tahun ini akan ada lagi santri  Oemar Diyan yang meraih prestasi di tingkat nasional. (jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved