Breaking News:

Info Aceh Timur

Bupati Aceh Timur Terima Kunjungan Delegasi USAID

Kedatangan rombongan delegasi USAID ini dalam rangka koordinasi, terkait program kegiatan USAID (SEGAR) di Kabupaten Aceh Timur.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Nurul Hayati
Foto: IST
Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH didampingi Kepala Bappeda Kahal Fajri ST MT menerima kunjungan Delegasi United States Agency for International Development (USAID) di ruang kerjanya pada Rabu (29/9/2021). 

Kedatangan rombongan delegasi USAID ini dalam rangka koordinasi, terkait program kegiatan USAID (SEGAR) di Kabupaten Aceh Timur.

Laporan Seni Hendri Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH didampingi Kepala Bappeda Kahal Fajri ST MT menerima kunjungan Delegasi United States Agency for International Development (USAID) di ruang kerjanya pada Rabu (29/9/2021).

Kedatangan rombongan delegasi USAID ini dalam rangka koordinasi, terkait program kegiatan USAID (SEGAR) di Kabupaten Aceh Timur.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bekerja sama dengan USAID, saat ini tengah menjalankan Proyek Sustainable Governance Across Regions (SEGAR) 2021-2025. 

SEGAR atau aktivitas untuk tata kelola lingkungan berkelanjutan berbasis wilayah, bertujuan untuk memperkuat tata kelola lingkungan yang inklusif di wilayah kerja SEGAR.

Untuk memajukan konservasi keanekaragaman hayati, pengelolaan hutan, dan penggunaan lahan berkelanjutan. 

Serta peningkatan implementasi tujuan keberlanjutan lingkungan dan sosial di rantai pasok produksi komoditas berbasis sumber daya alam oleh sektor swasta yang mampu mengurangi ancaman terhadap keanekaragaman hayati dan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari penggunaan lahan. 

Baca juga: Bahas Percepatan Penanganan Covid-19, Kapolres Terima Kunjungan IDI Aceh Timur

Program ini melibatkan multisektor yang bersinergi dan berkolaborasi, untuk dapat meningkatkan pembangunan secara seimbang.

Dengan mengutamakan konservasi keanekaragaman hayati dan penggunaan lahan yang berkelanjutan, mencakup pengembangan ekonomi dan sumber mata pencaharian yang inklusif.

Kabupaten Aceh Timur merupakan salah satu wilayah kerja SEGAR-USAID, dari 12 Kabupaten pada 4 (empat) Provinsi di Indonesia. 

Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH melalui Kepala Bappeda Kahal Fajri menuturkan, pertemuan ini, merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu pertemuan tentang pelaksanaan kerjasama antara PPN/BAPPENAS dengan USAID melalui Program Tata Kelola Lingkungan Berkelanjutan Berbasis Wilayah (SEGAR).

Lanjut Fajri, tingkat Provinsi oleh Bappeda Aceh sebelumnya pada tanggal 15 Juli 2021, di tingkat Nasional oleh BAPPENAS pada 26 Juli 2021, serta Sosialisasi dan Konsultasi Rencana Kerja Program USAID-SEGAR dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur pada 08 September 2021 lalu.

"Pertemuan hari ini mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Bupati Aceh Timur. Bapak Bupati mengharapkan dengan adanya kegiatan SEGAR-USAID ini, maka tata kelola lingkungan di Kabupaten Aceh Timur semaik membaik serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Aceh Timur (Green Economi)," ujar Kahal Fajri ST MT mengakhiri keterangannya. (*)

Baca juga: Camat Birem Bayeun Lantik Keuchik Blang Tualang, Ini Pesan Bupati Aceh Timur

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved