Breaking News:

Berita Pidie Jaya

Pemkab Pidie Jaya Tandatangani MoU Dengan Balitbang Aceh

dengan adanya MoU ini dilakukan dapat memudahkan dalam pemeriksaan sampel PCR dalam penanganan wabah virus Covid-19

Penulis: Idris Ismail | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Kepala Dinkes dan KB Pidie Jaya, Eddy Azwar SKM MKes (dua kanan) bersama ketua Balitbang Aceh Dr Fahmi Ichwansyah SKp MPH (dua kiri) memperlihatkan nashak MoU yang disaksikan Sekda Pijay, Ir Jailani Beuramat (kanan), Jumat (1/10/2021) di ruang Kerja Sekda setempat. 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM,MEUREUDU  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya (Pijay) melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) menandatangani nota kesepakatan atau Memorandun of Understanding (MoU) dalam bidang dunia Kesehatan ya g berlangsung di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten setempat,  Jumat (1/10/2021).

Sekda Pijay,  Ir Jalani Beuramat didampingi Kepala Dinkes KB, Eddy Azwar SKM MKes kepada Serambinews.com,  Jumat (1/10/2021) mengatakan, penandatanganan MoU kerjasama dalam berbagai masalah kesehatan bersama ketua Balitbang Aceh yang dihadiri  Dr Fahmi Ichwansyah SKp MPH untuk dapat saling membantu atau kerjasama dalam bidang kesehatan. 

"Terutama dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para Tenaga Kesehatan (Nakes)  sekaligus dalam upaya percepatan adanya Laboratorium Pemeriksaan PCR di RSUD ini,"sebut Ir Jailani Beuramat. 

Menurut Sekda Pijay itu dengan adanya MoU ini dilakukan dapat memudahkan dalam pemeriksaan sampel PCR dalam penanganan wabah virus Covid-19.

Baca juga: Jadwal Fit and Proper Test Calon Ketua Demokrat Aceh Tunggu Jadwal AHY

Maka naskah kerjasama ini semata-mata untuk memberikan dampak penting bagi peningkatan layanan kesehatan baik di tingkat Dinas itu sendiri juga mengalir terhadap Fasilitas Kesehatan (Fakes) dasar terutama di 12 Puskesmas, RSUD serta klinik-klinik yang masih eksis melayanimasyarakat. 

"Seperti halnya, klinik 3 Saudara, Asyifa dan Asmaul Husna dalam pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi,"timpal Eddy Azwar SKM MKes. 

Kepala Balitbang Aceh, Dr Fahmi Ichwansyah SKp MPH Secara terpisah kepada Serambinews.com, Jumat (1/10/2021) mengatakan, keberadaan Balitbangkes tidak asing lagi Pemkab Pijay, apalagi saat gempa Pijay pada akhir  2016 lalu  Balitbangkes konsisten berperan dalam membantu berbagai kebutuhan  pada masa tangan darurat.

"Termasuk pada saat wabah pandemi Covid-19 sejak Agustus 2020 lalu kami eksis memberikan bantuan yaitu VTM demi kebutuhan  pemeriksaan sampel PCR yang kala itu stoknya minim sekali,"ujarnya.

Baca juga: Anggota DPRA Apresiasi Penutupan 15 Sumur Minyak, Tapi Nasib Pemilik dan Pekerja Harus Diperhatikan

Ia juga menambahkan pihaknya tetap selalu komit membantu Pemkab Pijay dalam sektor bidang kesehatan. "Ini semata-mata demi peningkatan layanan kesehatan,"jelasnya.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Pijay,  Eddy Azwar SKM MKes secara terpisah kepada Serambinews.com, juga menyampaikan bahwa status Kabupaten Pijay saat ini telah masuk dalam katagori wilayah Kuning. 

"Saat ini Pijay berada di zona resiko  kuning dengan level 2 PPKM Mikro,"ungkapnya. (*)

Baca juga: Warga Mengadu ke DPRK Nagan Raya Soal Sengketa Lahan, Begini Tanggapan Pemda dan Perusahaan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved