Breaking News:

Kesehatan

dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Makan Ini Jika Lutut Nyeri Saat Menekuk atau Duduk Sila Terlalu Lama

dr Zaidul Akbar memberikan tips mengatasi masalah tulang seperti lutut terasa nyeri saat menekuk atau duduk sila terlalu lama.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
IST
Ilustrasi nyeri lutut 

SERAMBINEWS.COM - Dalam sebuah kesempatan dakwah, dr Zaidul Akbar menjelaskan beberapa masalah tulang yang sering dialami oleh kebanyakan orang seperti lutut terasa nyeri saat menekuk atau duduk sila terlalu lama.

Hal tersebut diungkapkan praktisi kesehatan dr Zaidul Akbar saat menjawab pertanyaan dari seorang jamaah yang mengeluh merasa nyeri saat menekuk atau duduk sila terlalu lama.

"Usia saya 32 tahun, saya ada masalah lutut kalau bersila agak lama, mohon solusinya?," kata dr Zaidul Akbar saat membacakan pertanyaan dikutip Serambinews.com dari kanal YouTube Bisikan.com, Jumat (1/10/2021).

Dokter Zaidul Akbar
Dokter Zaidul Akbar (Tangkapan layar kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official)

Dokter Zaidul Akbar merupakan seorang dokter, pendakwah Islam, konsultan, praktisi pengobatan sunah Indonesia dan juga penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JIS) yang juga memberikan tips cara mengobati nyeri saat menekuk atau duduk sila terlalu lama.

Sebut Zaidul Akbar, hal pertama kali yang harus diperhatikan jika ingin menghilangkan rasa nyeri saat menekuk atau duduk sila terlalu lama ialah berat badan.

Posisi duduk bersila mengakibatkan adanya tekanan berlebih pada lutut sehingga dapat memunculkan rasa nyeri.

Baca juga: Ketahuilah, Berikut Penyebab Nyeri Otot, Karena Stress, Kurang Tidur, Sampai Akibat Defisit Nutrisi

Adapun tekanan berlebih ini berasal dari berat badan. Semakin berat badan seseorang maka risiko nyeri juga akan lebih besar.

"Berat badan Anda berapa, sebab apa? Tulang kita ini hanya mampu menahan beban fix, dia gak bisa tambah gak bisa kurang," kata dr Zaidul Akbar.

Selain berat badan, ada kemungkinan lain yang menjadi penyebab utama nyeri saat menekuk atau duduk sila terlalu lama yakni adanya radang sendi lutut.

"Kalau ada orang yang sakit lutut, mungkin memang ada radang," lanjut dr Zaidul Akbar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved