Breaking News:

Berita Bireuen

Gampong Seuneubok Rawa, Bireuen Terpilih Sebagai Gampong Demokrasi, Ini Alasannya

kelompok perempuan sebagai sasaran dari gampong demokrasi  dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepemiluan.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Nur Nihayati
Panwaslih
Panwaslih Aceh bersama Panwaslih Bireuen dan lainnya, Selasa (05/10/2021) melakukan pertemuan di Gampong Seuneubok Rawa, Peusangan launching gampong demokrasi. Dok Panwaslih 

kelompok perempuan sebagai sasaran dari gampong demokrasi  dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepemiluan.

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Gampong Seuneubok Rawa, Peusangan Bireuen terpilih sebagai gampong demokrasi di Bireuen.

Hal ini hasil penilaian tim Panwaslih Provinsi Aceh, Selasa (05/10/2021). 

Terpilihnya gampong tersebut berdasarkan sejumlah penilaian yang diambil.

Penilaian dilakukan beberapa hari sebelumnya  yang didasari pada tingkat partisipasi kaum perempuan yang tinggi serta indek Kerawanan Pemilu (KIP) yang nilainya cukup tinggi di Bireuen dibandingkan beberapa sampel desa lainnya.

Baca juga: Aminullah Minta Nadiem Bantu Banda Aceh,  Untuk Peningkatan Fasilitas Pendidikan

Baca juga: Taliban Tak Bayar Tagihan Listrik, Afghanistan Terancam Kembali ke Abad Kegelapan

Baca juga: Semangati Tim Sepak Bola Aceh di PON XX Papua, Hj Rizayati Janjikan Bonus Rp 1 Miliar Jika Raih Emas

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Provinsi Aceh, Marini usai launching gampong demokrasi di Gampong Seuneubok Rawa, Peusangan kepada Serambinews.com mengatakan, lahirnya
gampong demokrasi pengawasan partisipatif ini.

Diharapkan bisa menjadi wadah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepemiluan dalam rangka pencegahan dini pelanggaran pemilu atau pemilihan.

Disebutkan, kelompok perempuan sebagai sasaran dari gampong demokrasi  dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepemiluan.

"Nantinya akan ada edukasi kepada kelompok sasaran agar pencegahan dini dapat dilakukan khususnya tentang pelanggaran pemilu," jelasnya.

Sementara itu Kepala DPMG P-KB Kabupaten Bireuen, Mawardi SSTP MSi mengatakan kelompok perempuan diharapkan berkontribusi untuk penyelenggaraan demokrasi di tingkat gampong.

Karena pemenuhan unsur perempuan ini juga berada di semua struktur seperti tuha peut. Senada
diakui Camat Peusangan, Ibrahim S Sos  mengharapkan terpilihnya Gampong Seuneubok Rawa  bisa menjadi contoh bagi bagi gampong-gampong lain untuk terus memberdayakan masyarakatnya.

"Kalau disini kelompok perempuan nya aktif, kita berharap hal sama diikuti oleh Gampong
lain," sebutnya.

Acara launching itu sendiri diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama stakeholder yang diawali Kordib Pengawasan dan Hubal Panwaslih Provinsi Aceh, Marini.

Kemudian Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky, serta turut membubuhkan tandatangan Kepala DPMG P-KB, Mawardi, Rektor Universitas Almuslim, Dr Marwan Hamid, Ketua KIP Bireuen, Agusni, Camat Peusangan, Ibrahim, keuchik Gampong Seuneubok Rawa, Ruslan, serta perwakilan dari Polsek dan Danramil Peusangan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved