Breaking News:

Berita Langsa

Tim PKM Iptek Unsam Latih Warga Cara Gunakan Kompor Tenaga Surya, Begini Keunggulannya

Untuk diketahui, kompor energi surya merupakan hasil penelitian Dr M Amin bersama dengan para dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Samudra.

Penulis: Saifullah | Editor: Saifullah
Dok Tim PKM Unsam Langsa
Tim PKM Iptek Unsam mempraktekkan cara penggunaan kompor energi surya di hadapan warga Gampong Seuneubok Baroh, Aceh Timur, Sabtu (3/10/2021). 

Laporan Saifullah | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Iptek Universitas Samudra ( Unsam) Tahun 2021, melakukan pelatihan dan sosialisasi penggunaan kompor tenaga surya (energi matahari) kepada masyarakat Gampong Seuneubok Baroh, Aceh Timur, Sabtu (3/10/2021).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Pengabdian, Dr Muhammad Amin, ST, MT  juga menyerahkan bantuan 2 unit kompor energi surya kepada warga Gampong Seuneubok Baroh yang diterima langsung Taufiq M Yusuf selaku keuchik gampong setempat.

Untuk diketahui, kompor energi surya merupakan hasil penelitian Dr M Amin bersama dengan para dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Samudra.

Kompor ini sudah dilakukan beberapa kali uji coba dengan hasil yang sukup baik.

Bahkan, suhu yang dapat dihasilkan oleh kompor energi surya tersebut mencapai 150 oC  hingga 200 oC.

Kompor tenaga surya tersebut dapat digunakan untuk keperluan memasak, merebus, dan menggoreng.

Baca juga: Tim PKM Unsam Langsa Bina Pengembangan Sektor Pertanian Warga Sungai Kuruk III

Sementara itu, dalam materi pelatihan, Dr Amin menjelaskan bahwa kompor energi surya itu merupakan solusi bagi masyarakat dalam penggunaan energi alternatif yang ramah lingkungan dan gratis untuk melakukan aktifitas rutin sehari-hari yaitu memasak. 

Kompor energi surya, sebutnya, sangat berguna khususnya bagi nelayan dan masyarakat pesisir yang sulit mendapatkan minyak tanah maupun gas elpiji untuk memasak.

“Cukup hanya dengan memanfaatkan cahaya matahari (energi surya), lalu memasang kompor energi surya dengan titik fokus panasnya tepat mengenai wajan atau panci yang digunakan untuk memasak,” ulas Dr Muhammad Zulfri, ST, MM, MT selaku anggota tim pengabdian.

Dr M zulfri menambahkan, selain dari berkurangnya beban rumah tangga karena tidak mengeluarkan biaya untuk memasak, kompor energi surya juga sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polutan yang dapat mencemari udara maupun limbah pembakaran yang dapat merusak lingkungan.

Syamsul Bahri, SP, MP, anggota tim pengabdian lainnya menerangkan, bahwa uji coba kompor energi surya tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik karena didukung oleh cuaca yang cukup cerah pada siang har itu.

“Alhamdulillah, Bapak Keuchik Seuneubok Baroh sangat bersyukur dengan adanya Program PKM ini,” tukas Syamsul Bahri.

Baca juga: Tim PKM Unsam Langsa Perkenalkan Teknik Decoupage Art Gunakan Anyaman Bambu di Gampong Pasir Putih 

“Beliau mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakatnya dan cukup bermanfaat,” pungkas dia.

Dalam kegiatan itu, Tim PKM Iptek Unsam juga mempraktekkan cara pemasangan langsung kompor energi surya di depan warga Gampong Seuneubok Baroh, sekaligus uji coba penggunaannya.

Pada saat uji coba, perangkat gampong, ibu-ibu PKK, dan Dharma Wanita turut andil dalam mempraktekkan secara langsung penggunaan kompor tenaga surya.

Pada praktek tersebut, tim berhasil menggoreng kerupuk dan memasak telor mata sapi menggunakan kompor energi surya pada sesi uji coba tersebut.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved