Breaking News:

Bencana Alam

Ratusan Orang Tewas di India dan Nepal Akibat Bencana Banjir dan Tanah Longsor

Sedikitnya 150 orang tewas akibat bencana banjir dan tanah longsor di India dan Nepal. Bencana besar itu menyapu jalan-jalan dan rumah-rumah...

Editor: Eddy Fitriadi
AFP
ILUSTRASI Kendaraan terbalik yang terjebak dalam lumpur dan puing-puing di India pada 17 Oktober 2021. Sedikitnya 150 orang tewas akibat bencana banjir dan tanah longsor di India dan Nepal. Bencana besar itu menyapu jalan-jalan dan rumah-rumah masyarakat di sana.  

SERAMBINEWS.COM - Sedikitnya 150 orang tewas akibat bencana banjir dan tanah longsor di India dan Nepal.

Bencana besar itu menyapu jalan-jalan dan rumah-rumah masyarakat di sana. 

Di India utara, 46 orang meninggal dalam beberapa hari terakhir dengan 11 lainnya hilang. Sementara di selatan, Kepala Menteri Pinarayi Vijayan menyebut jumlah korban tewas mencapai 39 orang.

Setidaknya 30 dari mereka di Uttarakhand tewas dalam tujuh insiden terpisah di wilayah Nainital pada Selasa pagi, setelah hujan deras yang memicu serangkaian tanah longsor dan menghancurkan beberapa bangunan.

Lima dari korban tewas berasal dari satu keluarga yang rumahnya terkubur oleh tanah longsor yang sangat besar, kata pejabat setempat Pradeep Jain kepada kantor berita AFP.

Tanah longsor lain di distrik Almora utara menewaskan lima orang setelah batu-batu besar dan dinding lumpur menghancurkan dan menelan rumah mereka.

Sedikitnya enam orang lainnya tewas pada Senin di dua distrik terpencil di negara bagian Himalaya itu.

Departemen Meteorologi India memperpanjang dan memperluas peringatan cuaca pada hari Selasa, memprediksi hujan lebat hingga sangat lebat di wilayah tersebut.

Kantor cuaca mengatakan beberapa daerah diguyur hujan lebih dari 400 mm (16 inci) pada hari Senin, menyebabkan tanah longsor dan banjir.

Pihak berwenang memerintahkan penutupan sekolah dan melarang semua kegiatan keagamaan dan wisata di negara bagian itu.

Tayangan televisi dan video media sosial menunjukkan penduduk mengarungi air setinggi lutut di dekat danau Nainital, tempat wisata, dan sungai Gangga meluap di Rishikesh.

Lebih dari 100 turis terjebak di dalam sebuah resor di Ramgarh setelah sungai Kosi meluap.(*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Banjir, tanah longsor tewaskan lebih dari 150 orang di India dan Nepal"

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved