Breaking News:

Tak Hanya untuk Pesawat, Pemerintah Akan Terapkan Tes PCR untuk Seluruh Moda Transportasi

Rencananya, penerapan tersebut bakal dilakukan secara bertahap. Kebijakan tersebut demi mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19

Editor: Amirullah
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Penumpang pesawat menjalani tes COVID-19 berbasis 'Polymerase Chain Reaction' (PCR) setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). Pengelola Bandara Ngurah Rai membuka layanan tes PCR dengan tarif Rp900 ribu bagi penumpang pesawat dari daerah keberangkatan yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan penumpang yang membawa surat keterangan hasil negatif COVID-19 PCR tanpa dilengkapi dengan 'barcode' atau 'QR Code' untuk melengkapi persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk ke wilayah Bali menggunakan jalur udara. 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah segera menerakan tes PCR untuk seluruh moda transportasi.

Hal terserbut seperti diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, kebijakan wajib tes PCR bakal diterapkan sebagai syarat perjalanan pada moda transportasi lainnya.

Rencananya, penerapan tersebut bakal dilakukan secara bertahap.

Kebijakan tersebut demi mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 akibat libur natal dan tahun baru.

"Secara bertahap penggunaan tes PCR akan juga diterapkan pada transportasi lainnya selama dalam mengantisipasi periode Nataru," kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Harga PCR Jadi Rp 300 Ribu,  Hasil Tes Berlaku 3x24 Jam

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat ditemui awak media usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021).
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat ditemui awak media usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Diketahui, kebijakan wajib tes PCR sebelumnya hanya diberlakukan bagi calon penumpang pesawat di wilayah PPKM Level 3-4.

Luhut mengatakan, berkaca dari pengalaman tahun lalu, meskipun syarat tes PCR diberlakukan untuk moda transportasi udara, mobilitas masyarakat tetap tinggi.

"Dan saat ini sudah sama dengan Nataru tahun lalu, dan akan terus meningkat sampai akhir tahun ini, sehingga meningkatkan risiko kenaikan kasus," ujarnya.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)

Artikel ini telah tayang di Tribunnewswiki.com dengan judul Pemerintah Segera Berlakukan Tes PCR untuk Seluruh Moda Transportasi

Baca juga: Tampak Berbisik Seusai Laga El Clasico, Ini yang Disampaikan Carlo Ancelotti kepada Ronald Koeman

Baca juga: Suasana di Barcelona Biasa-biasa Saja, Real Madrid Hampir Tak Merayakan Kemenangan

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka, Segera Login di Laman Prakerja.go.id untuk Daftar

Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved