Breaking News:

Kesehatan

Jangan Mendongak! Begini 5 Cara Menghentikan Darah Mimisan, Mudah dan Cepat

Saat mimisan, tak sedikit orang yang mendongakkan kepala untuk mengatasinya. Padahal, cara tersebut tidak sepenuhnya tepat, bahkan bisa membahayakan.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
ilustrasi mimisan 

SERAMBINEWS.COM - Saat mimisan, tak sedikit orang yang mendongakkan kepala untuk mengatasinya. Padahal, cara tersebut tidak sepenuhnya tepat, bahkan bisa membahayakan.

Mimisan atau istilah dalam dunia medis epistaksis adalah perdarahan yang terjadi di lubang hidung.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari yang ringan dan bisa ditangani secara mandiri sampai yang berat dan perlu mendapatkan penanganan khusus.

dr Reisa Broto Asmoro atau kerap disapa dr Reisa menjelaskan melalui kanal YouTube-nya, mimisan dapat dibagi menjadi dua jenis sesuai lokasi perdarahannya, yaitu:

Mimisan anterior yakni mimisan yang terjadi karena pembuluh darah di bagian depan hidung rusak atau robek, sehingga terjadi perdarahan. Mimisan anterior sering terjadi pada anak-anak.

Selanjutnya, mimisan posterior terjadi karena pembuluh darah bagian belakang hidung rusak dan mengalami perdarahan. Mimisan posterior ini biasanya lebih sering terjadi pada lansia dan pada seseorang yang mengalami kondisi tertentu.

Baca juga: Ini 5 Langkah Pertolongan Pertama Ketika Mimisan, Berikut Cara Mengatasinya

Mimisan dapat terjadi pada siapa pun dan bisa terjadi tiba-tiba, sehingga penting untuk mengetahui langkah awal penanganannya sebagai pertolongan pertama.

Jangan Sekali-kali Mendongakkan Kepala Saat Mimisan

Jika terjadi mimisan, jangan sekali-kali mendongakkan atau memiringkan kepala ke belakang.

Pasalnya, cara ini dianggap fatal karena dapat menyebabkan darah masuk ke tenggorokan, kerongkongan atau bahkan bisa sampai keluar lewat mulut.

Dokter Reisa Broto Asmoro
Dokter Reisa Broto Asmoro (Instagram/@reisabrotoasmoro)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved