Breaking News:

Berita Aceh Utara

Dosen Unimal Latih Warga Buat Pakan Ikan dari Daun Kelor

Petani tambak dilatih membuat pakan ikan dari daun kelor supaya mampu membuat pakan pellet dengan mengandalkan bahan baku lokal.

Penulis: Jafaruddin | Editor: Taufik Hidayat
Dok Panitia
Dosen Fakultas Pertanian Unimal mengadakan pelatihan membuat pakan ikan dari daun kelor. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON - Dosen Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh ( Unimal ) dibantu mahasiswa melatih warga Desa Reuleut TimurKecamatan Muara Batu, Aceh Utara membuat pakan ikan dari Daun Kelor

Pelatihan terhadap warga di lingkungan kampus tersebut dalam pengabdian kepada masyarakat, bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Masing-masing dosen tersebut Rachmawati RusydiMSc, MainisaMS, SalamahMSi, dan Riani MSi, dibantu mahasiswa Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian,Putri Masyithah dan Rizky Kurniawan. 

Kegiatan pengabdian ini bertemakan “Pembinaan Pembuatan Pakan Ikan Buatan Berbahan Baku Lokal Di Desa Reuleut Timur” yang dihadiri oleh sejumlah petani tambak yang berdomisili di Desa Reuleut Timur, Aceh Utara.

“Pengabdian ini menjadi salah satu pembinaan desa lingkungan sekitar Universitas Malikussaleh,” ujar Ketua Tim Dosen Pengabdian kepada masyarakat, Rachmawati RusydiMSc, dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Kamis (25/11/2021). 

Pengabdian tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran Unimal dalam pemberdayaan desa di sekitar kampus. 

Masyarakat yang dilatih membuat pakan tambak tersebut adalah petani tambak, supaya mampu membuat pakan pellet dengan mengandalkan bahan baku lokal seperti daun kelor atau dikenal dengan ‘on murong’ secara mandiri. 

Sehingga dengan adanya kemampuan membuat pakan pellet sendiri, dapat mengurangi biaya produksi. Apalagi masih minimnya pengetahuan tentang pakan ikan di kalangan petani tambak Desa Reuleut Timur.

Baca juga: Mahasiswa KKN Bantu Masyarakat Dewantara Kembangkan Kreativitas

Baca juga: Sepmor Dinas Keuchik Simbe Pidie Dibakar, Begini Kronologisnya 

Dosen bidang pakan di Program Studi Akuakultur Salamah MSi, kepada Serambinews.com, menyebutkan pelatihan ini dapat membantu masyarakat untuk membuat pakan sendiri menggunakan bahan baku lokal untuk menghasilkan pakan ikan yang murah, mudah didapat, dan bernutrisi tinggi. 

Salah satu bahan baku lokal yang digunakan dalam pelatihan ini, tepung daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan nutrisi berupa protein, karbohidrat, zat besi, mineral dan vitamin serta kaya akan kandungan antioksidan. 

“Daun kelor juga memiliki kadar protein yang tinggi dengan semua asam amino esensial. Oleh karena itu, tepung daun kelor dapat menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan pakan ikan,” ujar Salamah. 

Perwakilan petani tambak yang ada di Desa Reuleut Timur Musawirsangat berterima kasih kepada Dosen Fakultas Pertanian yang sudahmemberikan informasi kepada petani tambak mengenai formula pakan udang. 

Sehingga lanjut Musawir, petai sudah mampumembedakan nutrisi pakan sesuai dengan umur udang. 

“Kami berharap kedepannya masih bisa mengikuti acara serupa sehingga menambah wawasan kami para petani tambak,” harap Musawir.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved