Breaking News:

Berita Banda Aceh

Senat USK Tetapkan Hanya Tiga Calon Rektor, Satu Orang Gugur

Senat Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Rapat Senat Tertutup telah menetapkan tiga calon rektor yang berhak mengikuti pemilihan Rektor USK

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Senat Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Rapat Senat Tertutup telah menetapkan tiga calon rektor yang berhak mengikuti pemilihan Rektor USK untuk periode 2022–2026. Keputusan ini berdasarkan hasil penilaian dan pemungutan suara pada kegiatan penyaringan calon rektor yang diikuti oleh anggota Senat USK di Gedung AAC Prof Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (26/11/ 2021) siang. ketiganya adalah Dr Ir Iskandar A Gani SH MHum, Prof Dr Ir Marwan, dan Dr Ir Mirza Irwansyah MBA MLA 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Senat Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Rapat Senat Tertutup telah menetapkan tiga calon rektor yang berhak mengikuti pemilihan Rektor USK untuk periode 2022–2026.

Keputusan ini berdasarkan hasil penilaian dan pemungutan suara pada kegiatan penyaringan calon rektor yang diikuti oleh anggota Senat USK di Gedung AAC Prof Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (26/11/ 2021) siang.

Sebelumnya, ada empat bakal calon (balon) dalam pemilihan rektor kali ini.

Mereka adalah Dr Ir Iskandar A Gani SH MHum, Prof Dr Ir Marwan, Dr Ir Mirza Irwansyah MBA MLA, dan Dr Nasrullah RCL, ST MT.

Baca juga: VIDEO - Mahasiswa FH USK Belajar Ilmu Jurnalis di Serambi Indonesia

Lalu, berdasarkan hasil penyaringan calon rektor, dari empat balon tersebut kemudian menjadi tiga kandidat saja. Mereka adalah yang berhasil meraih tiga suara terbanyak.

Setelah dilakukan penghitungan suara, ternyata dari 93 suara sah, Prof Marwan mendulang 79 suara, Dr Mirza Irwansyah meraih 13 suara, Iskandar A Gani 1 suara.

Sedangkan Nasrullah tidak mendapat satu suara pun.

Ketua Senat USK, Prof Dr Ir Abubakar MS kepada Serambinews.com, Jumat malam mengatakan, dalam kegiatan penyaringan calon rektor ini setiap kandidat terlebih dahulu menyampaikan visi dan misi, serta program kerjanya di hadapan anggota senat.

Selanjutnya, senat melakukan penilaian yang dilanjutkan dengan pemungutan suara untuk menetapkan tiga besar calon rektor.

Baca juga: Disdik Aceh Umrahkan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi, Ini Nama-nama Pemenang Lomba

Menurutnya, seluruh suara dalam proses penyaringan ini murni suara anggota senat.

Sedangkan suara dari menteri baru akan berlaku pada proses pemilihan rektor nantinya.

“Ya, selanjutnya tiga calon rektor inilah yang berhak untuk mengikuti proses pemilihan rektor yang kita rencanakan pada Januari mendatang,” ucap Abubakar.

Saat ini jumlah anggota Senat USK adalah 95 orang. Dalam proses pemilihan rektor nantinya, suara senat adalah 65%, sedangkan suara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 35%.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved