Breaking News:

Survey CISA: Partai Demokrat Melejit, Bayangi PDIP. Bagaimana dengan Golkar dan Gerindra?

Pilihan publik selanjutnya jatuh pada Partai Demokrat yang melejit di 18,83 persen, membayangi PDIP.

Penulis: Yocerizal | Editor: Yocerizal
NET
Partai Demokrat 

SERAMBINEWS.COM - Lembaga Analis dan Konsultan Sosial Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), kembali meluncurkan hasil survei nasional mengenai tren elektoral terkini partai politik menjelang Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil survey lembaga tersebut, jika pemilihan legislatif (pileg) dilakukan saat ini, publik akan menjatuhkan pilihannya pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“PDIP sukses mengungguli partai politik lainnya dengan 24,92 persen,” kata Herry Mendrofa, Direktur Eksekutif CISA melalui siaran persnya, Jumat (10/12/2021).

Pilihan publik selanjutnya jatuh pada Partai Demokrat yang melejit di 18,83 persen, membayangi PDIP. Berikutnya posisi ketiga ada Partai Golkar yang mendapatkan 13,09 persen.

Selanjutnya di bawah Golkar menyusul Partai Gerindra yang kembali menguat pada posisi keempat dan meraup 10,5 persen, dan posisi kelima ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapatkan 10,25 persen.

Baca juga: Musda Partai Demokrat Aceh Berakhir Happy Ending, Muslim-Nova Kompak & Akrab Saat Duduk Bersama

Baca juga: Mundur dari NasDem, Toke Awi Silaturahmi ke Kantor Partai Demokrat Aceh, Ada Apa?

Baca juga: Terima Ketua Demokrat Kecamatan Se-Nagan Raya, TRH Tekankan Pentingnya Berkoalisi dengan Rakyat

Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraup 6,5 persen, Partai NasDem meraih 5,75 persen, serta Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 3,66 persen.

“Sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya mendapatkan 2,92 persen, dan ada 3,58 persen yang memilih parpol lainnya,” sebut Herry.

Hasil survei ini merupakan review termin keempat atau sesi terakhir survei CISA di tahun 2021 setelah sebelumnya merilis survei ketiga pada September 2021 lalu.

Survei CISA dimulai sejak tanggal 1-7 Desember 2021 yang menyasar 1.200 responden di 34 provinsi secara proporsional.

Penarikan sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dengan Margin of Errornya mencapai 2,85 persen, dengan tingkat kepercayaan pada 95 persen.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved