Breaking News:

Keluarga

Bolehkah Orang Tua Menunjukkan Kelemahannya kepada Anak? Berikut Jawabannya

Seringkali orang tua beranggapan bahwa mereka harus tampil sempurna dan tidak boleh menunjukkan kelemahan apapun di depan...

Editor: Eddy Fitriadi
GRID.ID/ISTOCK
ILUSTRASI orang tua saat memarahi anak. Bolehkah Orang Tua Menunjukkan Kelemahannya kepada Anak? Berikut Jawabannya. 

SERAMBINEWS.COM - Seringkali orang tua beranggapan bahwa mereka harus tampil sempurna dan tidak boleh menunjukkan kelemahan apapun di depan anak-anaknya.

Padahal, tidak menyembunyikan kelemahan diri dari anak justru sangat diperbolehkan untuk para orang tua lakukan.

Sebab kelemahan yang Anda tunjukkan akan memberikan anak kekuatan dan kepercayaan diri untuk terus tumbuh.

Alih-alih disembunyikan, inilah 5 manfaat yang akan anak dapatkan saat mereka bisa melihat kelemahan dari diri orang tua mereka sebagaimana dilansir dari iMOM.

1. Mengajarkan anak bagaimana menavigasi kekurangan diri sendiri

Anak-anak akan belajar dari contoh yang Anda berikan. Anak akan belajar banyak hal berharga saat mereka bisa melihat bagaimana Anda menangani tantangan yang sedang Anda hadapi dengan segala kekurangan yang dimiliki.

Bagaimana Anda mengatasi suatu konsekuensi dan langkah-langkah apa saja yang Anda lakukan untuk mengubah diri sendiri akan menjadi pelajaran yang powerful dan tidak bisa anak pelajari dengan cara apapun selain ini. Pada akhirnya, anak Anda akan memetik sisi positif dari contoh yang Anda tunjukkan sekaligus menjadikannya sebagai navigator dalam menghadapi kekurangan yang mereka miliki.

2. Menunjukkan kepada anak bahwa kelemahan tidaklah menakutkan

Kerendahan hati yang anak amati dalam diri Anda saat Anda berusaha memperbaiki kesalahan yang telah Anda lakukan akan mengajarkan mereka bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan sekaligus menunjukkan kepada mereka bagaimana cara memperbaikinya.

Ketika Anda tidak ragu meminta maaf kepada orang-orang yang berhak dan anak Anda menyaksikannya, itu akan menunjukkan kepada anak cara membereskan kekacauan emosional dalam suatu hubungan.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved