Breaking News:

Haji dan Umrah

Kakanwil Kemenag Aceh Resmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di Langsa

Pihaknya yakin ini semua berkat dukungan Pemko yaitu Wali Kota dan Wakil Wali Kota, karena syarat bisa dibangun gedung baru adalah pengadaan lahan yan

Penulis: Zubir | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/ZUBIR
Kakanwil Kemenag Aceh Dr Iqbal, Wakil Wali Kota Langsa Dr Marzuki Hamid Kepala Kankemenag Kota Langsa Hasanuddin MH dan lainnya saat memotong pita diresmikannya gedung PLHUT. 

Laporan Zubir I Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Aceh, Dr Iqbal, Jumat (11/2/2022) meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kota Langsa dan Asrama Siswa Tipe 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Langsa.

Hadir dalam peresmian itu Wakil Wali Kota Langsa, Dr Marzuki Hamid, Kepala Kankemenag Kota Langsa Hasanuddin MH, Wakil Ketua DPRK Langsa Saifullah, perwakilan Kapolres Langsa, Kajari, dan Dandim 0104/Atim.

Kakanwil Kemenag Aceh Dr Iqbal mengatakan menurut catatan Kanwil Kemenag Aceh bahwa Kota Langsa ini sangat luar biasa secara terus-menerus mendapatkan gedung SBSN di tahun 2021 dan 2022 juga masih dapat untuk MTs.

Pihaknya yakin ini semua berkat dukungan Pemko yaitu Wali Kota dan Wakil Wali Kota, karena syarat bisa dibangun gedung baru adalah pengadaan lahan yang dibantu oleh Pemko.

Sehingga setiap tahun selalu ada gedung baru dari Kementrian Agama dibangun di Kota Langsa ini. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemko Langsa atas bantuan dan dukungan selama ini.

Vaksin Merah Putih Kantongi Sertifikat Halal

"Tujuan dibangunnnya Gedung PLHUT ini dapat memberikan pelayanan cepat bagi masyarakat daerah ini terutama dalam pelayanan haji," ujarnya.

Dr Iqbal menambahkan, pada tahun 2021 ada 3 lokasi yang dibangun PLHUT, yaitu PLHUT Langsa, Aceh Utara dan Aceh Tengah.

Lalu di tahun 2022 ini akan dibangun PLHUT baru di Banda Aceh, Aceh Barat, dan Pidie.

Secara bertahap semua kabupaten/kota di Provinsi Aceh akan terbangun Layanan Haji dan Umrah Terpadu atau PLHUT dan ini tentunya berkat adanya dukungan Pemda dan masyarakat.

"PLHUT ini untuk mempercepat pelayanan haji sehingga pelayanan masyarakat dapat dilakukan secara maksimal," paparnya.

Dikatakan Kota Langsa termasuk prioritas dibangunnya PLHUT ini karena jumlah jamaah hajinya terbilang tinggi, dan ke depan daerah lain yang diprioritas yang jamaah hajinya tinggi.

Dia sebutkan menyangkut persoalan haji bahwa sudah 2 tahun mengalami penundaan, bukan karena pemerintah dan Kementrian Agama tetapi persoalan wabah covid-19 yang melanda dunia.

Pencarian Rohingya yang Kabur di Lhokseumawe Hingga ke Rawa-rawa

Namun tanda-tanda haji tahun kemungkinan bisa dilaksanakan sudah ada, karena pemerintah Arab Saudi sudah memberikan izin msyarakat Indonesia bisa melakukan umrah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved