Breaking News:

Sosok Inspiratif

Kisah Teungku Munawir Umar, Putra Aceh Asal Blang Cut Terpilih jadi Imam Masjid di New York, AS

Pria bersuara merdu saat melantunkan ayat suci Alquran ini, mengawali pendidikan dasar di SD Negeri 2 Meurah Mulia, dilanjutkan ke Pesantren Ulumuddin

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Putra Aceh Teungku Munawir Umar SAg MA terpilih sebagai Imam Masjid New York Amerika Serikat. Ia terpilih setelah melewati seleksi yang sangat ketat. 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Putra Aceh Teungku Munawir Umar SAg MA terpilih sebagai Imam Masjid New York Amerika Serikat. Ia terpilih setelah melewati seleksi yang sangat ketat.

"Alhamdulillah, sudah diberitahukan bahwa saya lulus sebagai imam di New York," kata Teungku Munawir Umar kepada Serambinews.com di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Teungku Munawir yang juga aktif di sejumlah organisasi dan banyak menulis artikel di Serambinews.com, dan KOMPAS, mengaku bahagia bisa diterima sebagai Imam Masjid New York.

"Ini pengalaman menakjubkan, memimpin shalat di New York dan berdakwah di kota itu," katanya.

Ia mengharapkan doa dan restu segenap masyarakat Aceh, agar sukses menjalankan tugasnya melakukan syiar Islam di negeri Paman Sam.

VIDEO Putra Tangse Imam Masjid di Australia, Idham Pakai Biaya Sendiri Keluar Negeri

Teungku Munawir Umar lahir di Blang Cut, Kecamatan Meurah Mulia Aceh Utara, 22 Maret 1993.

Saat ini ia sedang menempuh program doktoral di UIN Syarief Hidayatullah Jakarta.

Teungku Munawir adalah pengajar Tahsin Quran kepada aparatur sipil negara (ASN) Kota Tangerang di Masjid Al I'tishom, Balai Kota Tangerang Selatan. Ia mengajar tahsin setiap hari Rabu ba'da Dzuhur.

Program Tahsin Quran bagi aparatur sipil Kota Tangerang merupakan program Dewan Dakwah Islamiah (DDI) Kota Tangerang Selatan yang dibuka Walikota Tangsel Benyamin Davnie pada 2020 silam.

Teungku Munawir dijadwalkan mulai bertugas sebagai imam masjid New York pada Agustus 2022 mendatang.

"Sekarang sedang proses penyelesaian seluruh administrasi, sebab akan tinggal di New York dalam waktu agak lama," kata Munawir.

Pria bersuara merdu saat melantunkan ayat suci Alquran ini, mengawali pendidikan dasar di SD Negeri 2 Meurah Mulia, dilanjutkan ke Pesantren Ulumuddin, Kota Lhokseumawe sampai tingkat Aliyah.

VIDEO Kisah Mahasiswa Gayo di Malang, Berawal Kesulitan karena Pandemi Corona, Kini Jadi Imam Masjid

Dari sana Munawir melangkah ke Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Pendidikan S2 diselesaikan di UIN Sayarif Hidayatullah, dan melanjutkan program S3 di lembaga pendidikan yang sama.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved