Breaking News:

Salam

Krisis Minyak Goreng Curah Belum Teratasi

Kelangkaan minyak goreng curah kembali terjadi di Aceh, setelah PT Perusahaan Perdagangan Indonesia bersama mitranya

Editor: bakri
Tribun Medan/Fredy Santoso
Foto saat satgas pangan Ditreskrimsus Polda Sumut dan Pemrov Sumut menyidak tiga gudang minyak goreng di wilayah Deliserdang, Sumatera Utara. Satgas menemukan ribuan minyak goreng kemasan diduga ditimbun, Jumat (18/2/2022) 

Kelangkaan minyak goreng curah kembali terjadi di Aceh, setelah PT Perusahaan Perdagangan Indonesia bersama mitranya dinilai tidak mampu memenuhi permintaan pasar secara merata.

Wartawan harian ini dua hari lalu melaporkan, kelangkaan minyak goreng curah antara lain terjadi di Pasar Induk Lambaro (Aceh Besar) dan Pasar Kampung Baru (Banda Aceh).

Masih terjadinya kelangkaan ini, bagi Aceh bisa menimbulkan kepanikan di kalangan ibu rumah tangga dan para UMKM, terutama menyambut Ramadhan.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar mengecek minyak goreng salah satu kemasan di gudang kawasan Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (17/3/2022).
Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar mengecek minyak goreng salah satu kemasan di gudang kawasan Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (17/3/2022). (For Serambinews.com)

Sebab, biasanya, konsumsi minyak goreng di hari-hari menjelang puasa serta beberapa hari di awal puasa akan cenderung meningkat tajam.

Lalu, pekan ketiga puasa atau menjelang lebaran, konsumsi minyak goreng akan meningkat lagi bersamaan persiapan kaum ibu membuat kue untuk hari raya.

Bersamaan dengan terjadinya kelangkaan minyak goreng serta melonjaknya harga-harga sembako di beberapa pasar besar, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Agus Kurniady Sutisna, mengingatkan para pedagang supaya tidak menimbun sembilan bahan pokok (sembako), salah satunya minyak goreng, karena bisa memicu kenaikan harga dan merugikan masyarakat.

"Apabila para pedagang atau pengecer ada yang bermain dengan penderitaan masyarakat, akan kita tindak tegas para pelaku tersebut," ujar Wakapolda Aceh saat meninjau Pasar Almahirah, pasar terbesar di Banda Aceh, Kamis (24/3).

Pejabat Dinas Perdagangan Aceh mengaku heran atas terjadinya kelangkaan minyak goreng di Pasar Induk Lambaro dan Pasar Kampung Baru Banda Aceh.

Menurut penyaluran sudah sesuai kuota untuk Aceh Besar dan Banda Aceh.

Baca juga: Minyak Goreng Curah Kembali Langka Banda Aceh dan Aceh Besar , Distribusi Harus Merata

Baca juga: Wakapolda Aceh Imbau Pedagang tak Timbun Minyak Goreng

Para pedagang mengatakan, kelangkaan minyak goreng itu antara lain karena penyalurannya yang tidak cepat dan tidak merata.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved