Breaking News:

Ramadhan 2022

Begini Tips Olahraga saat Puasa, Supaya Tetap Semangat dan Bertenaga Selama Ramadhan

olahraga saat puasa sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap semangat dan bertenaga selama menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan

Penulis: Sara Masroni | Editor: Muhammad Hadi
olahraga - Tips Olahraga saat Puasa, Supaya Tetap Semangat dan Bertenaga Selama Ramadhan 

SERAMBINEWS.COM - Berolahraga saat puasa sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap semangat dan bertenaga selama menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan.

Diketahui saat berpuasa umat muslim dituntut untuk menahan lapar dan dahaga sejak terbit matahari hingga terbenam matahari selama sebulan penuh.

Meski demikian, selama puasa umat muslim dituntut untuk tetap menjaga kebugaran tubuhnya dengan berolahraga, agar tetap semangat dan bertenaga selama menjalani ibadah tersebut.

Selama kurang lebih 14 jam menahan lapar dan dahaga, tentu cara berolahraga saat puasa tidak boleh disamakan dengan hari-hari lain di luar Ramadhan.

Namun tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut, Serambinews.com merangkum beberapa tips olahraga saat puasa seperti yang berikut ini:

1. Olahraga Intensitas Rendah

Olahraga saat tubuh dalam kondisi berpuasa, tidak boleh dipaksakan dengan jenis yang berat-berat.

Perlu mempertimbangkan dan memilih olahraga dengan intensitas rendah atau yang ringan-ringan, agar tidak tumbang atau mudah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) saat puasa.

Baca juga: Cara dan Tips Khatam Alquran di Bulan Ramadhan, Milenial atau Gen Z Boleh Coba

Pilihan olahraga yang tepat saat berpuasa seperti jogging (lari santai), bersepeda, yoga, push up/sit up dan beberapa jenis olahraga lainnya dengan intensitas yang dirasa lebih rendah.

Olahraga berat sangat tidak disarankan saat tubuh dalam kondisi berpuasa, hal ini untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan seperti kelelahan yang luar biasa, sampai terpaksa membatalkan puasa.

2. Waktu Tepat Berolahraga

Ada tiga waktu yang tepat dalam berolahraga saat berada dalam bulan puasa.

Pertama, saat malam hari. Ini waktu yang sangat disarankan untuk berolahraga karena dibolehkan untuk makan dan minum setelahnya.

Kedua, saat menjelang berbuka. Waktu-waktu ngabuburit bisa dimanfaatkan untuk berolahraga ringan karena setelah kelelahan, tubuh bisa segera mendapat asupan makanan dan minuman saat berbuka puasa nantinya.

Baca juga: Setelah 2 Kali Puasa, Malaysia Kembali Bergairah, Shalat Tarawih Diizinkan di Semua Masjid dan Surau

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved