Breaking News:

Ramadhan 2022

Ini Tips Agar Tidak Bau Mulut saat Puasa, Supaya Nyaman Beraktivitas Selama Ramadhan 2022

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan dengan aroma menyengat seperti bawang, pete dan jengkol, dapat memicu meningkatnya bau mulut saat berpuasa.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Amirullah
net
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Bau mulut biasanya meningkat saat seseorang dalam keadaan berpuasa. Kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri serta kenyamanan dalam beraktivitas selama Ramadhan 2022 ini.

Bau mulut disebabkan perut dalam keadaan kosong dan berkurangnya cairan tubuh karena menahan lapar dan dahaga lebih kurang 14 jam lamanya.

Kemudian bakteri dan kotoran yang tidak dibersihkan dari sisa makanan dan kawat gigi yang tidak terpasang dengan benar, memicu meningkatnya bau mulut.

Sementara kurangnya cairan atau dehidrasi karena minimnya produksi saliva (air liur) yang bertugas mengurangi munculnya bakteri, memicu bau mulut saat berpuasa.

Baca juga: Cara dan Tips Khatam Alquran di Bulan Ramadhan, Milenial atau Gen Z Boleh Coba

Kondisi ini semakin bertambah bila seseorang memiliki riwayat gigi berlubang, bermasalah pada gusi, sariawan, penyakit asam lambung, ginjal, diabetes, infeksi saluran pernapasan hingga penyakit liver (masalah hati).

Serambinews.com merangkum beberapa tips agar tidak bau mulut saat berpuasa, supaya percaya diri dalam berkomunikasi dan nyaman beraktivitas selama Ramadhan seperti yang berikut ini:

1. Gosok Lidah dan Gunakan Obat Kumur

Sikat gigi secara teratur saja tak cukup. Selain menyikat gigi, menggosok lidah ternyata mampu meminimalisir bau mulut.

Menggosok lidah dapat membersihkan bakteri dan mencegah perkembangbiakannya dalam mulut yang bisa memicu bau, menurunkan kenyamanan dalam beraktivitas selama Ramadhan.

Bisa dengan menggunakan sisi belakang sikat gigi, atau alat menggosok lidah khusus yang kini sudah banyak dijual di pasaran.

Kemudian gunakan obat kumur untuk membersihkan plak dan tempat-tempat yang tak terjangkau oleh sikat gigi.

Perhatikan juga agar menghindari obat kumur yang mengandung alkohol, karena dapat memicu kering di area rongga mulut yang menyebabkan bau.

Baca juga: Tips Bekerja saat Puasa Agar Tetap Semangat dan Produktif

Cara tradisional menggantikan obat kumur yakni dengan cuka apel atau soda kue.

Cuka apel diketahui mengandung senyawa asam asetat yang berguna mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved