Breaking News:

Ramadhan 2022

Tips Bekerja saat Puasa Agar Tetap Semangat dan Produktif

Selama kurang lebih 14 jam menahan lapar dan dahaga, perlu kiat-kiat tertentu agar tetap produktif dalam bekerja.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Agus Ramadhan
Serambi Indonesia
Ilustrasi. Dua mahasiswi Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara saat sedang mengikuti magang di Diskominfosan Aceh Tamiang menunjukkan aplikasi "Tamiang Pande" di ponselnya, Selasa (6/10/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Tips bekerja saat puasa agar tetap semangat dan produktif, menjadi salah satu yang dicari saat Ramadhan tiba.

Diketahui saat ber puasa umat muslim dituntut untuk menahan lapar dan dahaga sejak terbit matahari hingga terbenam matahari selama sebulan penuh.

Meski demikian, selama puasa umat muslim dituntut untuk tidak malas-malasan dan tetap bekerja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selama kurang lebih 14 jam menahan lapar dan dahaga, perlu kiat-kiat tertentu agar tetap produktif dalam bekerja.

Serambinews.com merangkum tips bekerja saat puasa agar tetap semangat dan produktif seperti yang berikut ini:

Tips Bekerja saat Puasa

1. Buat To-do List

To-do list adalah daftar tugas atau kerjaan yang harus diselesaikan dalam rentang waktu tertentu, biasanya harian, mingguan atau bulanan.

Diutamakan membuat to-do list dalam bentuk harian dan usahakan tulis lima tugas saja, tetapi wajib dikerjakan semuanya dalam hari itu.

Tulis tugas paling penting di daftar teratas di handphone Anda, lalu gunakan manajemen prioritas, semakin ke bawah artinya tugas tersebut boleh dikerjakan di akhir.

Contreng setiap tugas yang sudah diselesaikan, hal ini akan memberikan ke puasan tersendiri bagi Anda yang mengerjakannya.

2. Kerjaan Penting Selesaikan Pagi Hari

Pagi hari pikiran masih segar dan stamina masih kuat. Sehingga jangan habiskan energi pada waktu tersebut untuk pekerjaan yang remeh temeh.

Selesaikan kerjaan yang paling penting pada pagi hari atau sebelum siang, hal ini akan memudahkan Anda mengerjakan to-do list selanjutnya dengan tingkat prioritas yang lebih rendah.

Bila kantor memberikan target bekerja harus menyelesaikan 10 item per hari, berarti Anda harus menyelesaikan 6-7 item di pagi hingga jelang siang hari.

Karena kebiasaan bila selesai istirahat siang, stamina tubuh mulai menurun dan dianjurkan memang untuk bekerja lebih santai jelang sore hari menuju berbuka puasa.

3. Olahraga Intensitas Rendah

Berolahraga saat puasa sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap semangat dan bertenaga selama menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved