Breaking News:

Bincang Serambi Ramadhan

Bersahabat dengan Alquran Dapat Menolong di Hari Akhir, Simak Penjelasan Tgk Khalidillah

Bersahabat dengan Alquran dapat dimaknai dengan mereka yang senantiasa bersama dengan Al-quran, membaca dan bertadarus setiap hari dengan Alquran.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Muhammad Hadi
TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE/SERAMBI ON TV
BINCANG SERAMBI RAMADHAN – Direktur Lembaga Tahfidz Qur'an Zaid bin Tsabit Banda Aceh, Tgk Khalidillah SPdI MA menjadi narasumber dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Sabtu (30/4/2022), yang dipandu presenter Suhiya Zahrati. 

Bersahabat dengan Al-Quran Dapat Menolong di Hari Akhir, Simak Penjelasan Tgk Khalidillah

SERAMBINEWS.COM - Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Allah SWT menurunkan kitab suci Alquran kepada Rasulullah SAW.

Hal tersebut sebagaimana terdapat di dalam Surah Al-Baqarah ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Baca juga: Simak Cara Rasulullah Merayakan Idul Fitri, Disampaikan Tgk H Umar Rafsanjani

Baca juga: Bagaimana Hukum Main Kembang Api dan Teot Bude Trieng Menyambut Idul Fitri? Ini Kata Tgk Muhazzir

Dalam sebuah hadis, Rasulullah menegaskan bahwa sahabat adalah dia yang selalu berada di dekat dengannya.

"Sahabat Rasulullah dialah yang hidup bersama dengan Rasul, yang dekat dan melihat Rasulullah," kata  Direktur Lembaga Tahfidz Qur'an Zaid bin Tsabit Banda Aceh, Tgk Khalidillah SPdI MA dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Sabtu (30/4/2022).

Program yang mengangkat tema " Bersahabat dengan Alquran” ini dipandu presenter Suhiya Zahrati, yang disiarkan di Youtube Serambi On TV dan Facebook Serambinews.com.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved