Breaking News:

Polemik Borobudur

Kala Luhut Umumkan Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu, Netizen: Separuh UMR Jogja, Mending Turun

Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan wacana kenaikan tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu per orang.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Ansari Hasyim
Kolase Serambinews / Dok Pixabay dan Instagram @luhut.pandjaitan
Sejumlah tanggapan warganet kala Luhut umumkan Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu, netizen tak terima karena besarannya hampir separuh UMR Jogja. 

SERAMBINEWS.COM - Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan wacana kenaikan tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu per orang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) itu melalui akun Instagramnya yang diunggah pada Sabtu (4/6/2022).

Kenaikan tersebut membuat kaget warganet sebab biasanya hanya dipatok Rp 50 ribu per orang/pengunjung ke situs cagar budaya tersebut.

Wacana Kenaikan Tiket Masuk Borobudur

Kemenko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan sebagaimana dikutip dari Kompas.com, akan membatasi pengunjung Candi Borobudur dan menerapkan tarif baru untuk tiket masuk Borobudur.

Hal itu diterapkan baik bagi turis asing maupun harga tiket masuk candi borobudur untuk wisatawan lokal (tiket Borobudur).

Tak tanggung-tanggung, pengunjung lokal atau turis lokal nantinya diharuskan membayar tiket masuk Borobudur Rp 750.000 untuk setiap pengunjung.

Baca juga: Luhut Lapor ke Jokowi: Ada Perusahaan Sawit Kuasai 500 Ribu Hektare, tapi Kantornya di Luar Negeri

Luhut bilang, penetapan harga tiket masuk Candi borobudur sebesar Rp 750.000 perlu dilakukan untuk membatasi jumlah kunjungan.

Ia menargetkan, dengan tiket masuk Borobudur yang baru, jumlah kunjungan wisatawan ke candi Budha itu 1.200 orang per hari.

Sementara untuk wisatawan mancanegara, lanjut Luhut, bakal dikenakan tiket masuk Borobudur 100 dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 1.443.000 (kurs Rp 14.400) atau hampir dua kali lipat dari harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved